Best Practice Pembelajaran IPA-Biologi dalam Rangka Membangun Karakter Siswa Kelas VIII A di SMP N 4 Bojong

Ari Supriatun

Abstract


Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik. Proses tersebut memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia.

Penelitian ini menggunakan deskripsi. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas VIII A dengan jumlah 24. Data diambil dari hasil observasi dan tes pada materi sistem pencernaan manakan di kelas VIII A SMP N 4 Bojong. Analisis data dengan deskripsi kwantitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pendekatan yang tepat dapat membantu menumbuhkan karakter dan memahamkan siswa atas materi yang diajarkannya. Melalui pengalaman pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik mampu memberikan perubahan karakter dalam hal sikap disiplin, jujur, tanggung jawab, dan percaya diri. Selama kurun waktu 3 bulan terdapat perubahan signifikan atas karakter tersebut, yaitu percaya diri siswa yang semula 20,83% menjadi 75%, tanggung jawab dari 54,17% menjadi 95,83%, kejujuran siswa dari 66,7% menjadi 87,5%, dan kedisiplinan siswa dari 58,3% menjadi 91,17%. Dampak lain, juga mempengaruhi pemahaman siswa dan ketuntasan belajarnya telah melebihi Kreteria Ketuntasan Minimum/KKM 75 yaitu 87,5% atau sebanyak 21 siswa dinyatakan diatas KKM dan hanya 3 siswa (12,5%) masih dibawah KKM.


Full Text:

PDF

References


Albertus, Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Berkarakter,Gramedia Widiasarana, Jakarta

Anonim. 2013. Bahan Diklat Guru Diklat Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Mata Diklat: 2. Analisis Materi Ajar Jenjang: SD/SMP/SMA Mata Pelajaran: Konsep Pendekatan Scientific. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2013. http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2013/07/pendekatan-saintifik-ilmiah-dalam-pembela... diunduh 22 Maret 2014

Djamaroh, syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta Rineka Cipta.

Gulo, W. 1982. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo

http://aadesanjaya.blogspot.com/2010/10/hakikatpembelajaran-ipa.html diakses pada 03 Nopember

http://anwarholil.blogspot.com/2009/01/hakikatpembelajaran-ipa.html diakses pada 03 Nopember

http://dakata.wordpress.com/2014/04/13/PembentukanKarakter-Individu.html.

http://Pustaka.Pandani.web.id/2013/03/PengertianKarakter.html.

Kamisa, 1997. Kamus lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v2i1.4110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View J.Bioedukatika Stats

JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia