Students perception on the use of video in learning about reproductive system
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adamson, H & Mercer, F. V. (1970). A new approach to undergraduate biology, Journal of Biological Education, 4(3), 155-166. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00219266.1970.9653634
Ahdiyah, A.A.F., Kuswanti, N., & Indana, S. (2015). Pengembangan media animasi pada materi sistem pernapasan manusia kelas XI SMA. Jurnal Bioedu, 3(1): 918-922. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/13415/12315
Ariwibowo, P. & Parmin, P. (2015). Pengembangan audio visual sistem sirkulasi darah yang berpendekatan saintifik. Unnes Science Education Journal, 4(2): 881-888. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/7938
Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. rev. ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Baharuddin. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif sekolah menengah kejuruan terhadap efektif dan efesiensi pembelajaran. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2): 115-126. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2118/1253
Daud, F. & Rahmadana, A. (2015). Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis e-learning pada materi ekskresi kelas XI IPA 3 SMAN 4 Makassar. Jurnal Kajian dan Penelitian Biologi, 16(1): 28-36. https://ojs.unm.ac.id/index.php/bionature/article/view/1566
Deadara E., Suyanto, S., & Ciptono. (2017). Pengembangan media pembelajaran sistem reproduksi manusia berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi 6(4): 198-210. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pbio/article/view/8104
Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. (2018). Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dengan media internet dalam pembelajaran asam basa di MAN Indrapuri. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1): 50-55. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/10729/9128
Fadli, R., Sartono, N., & Suryanda, A. (2017). Pengembangan kamus berbasis sistem operasi telepon pintar pada materi biologi SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 8( 2): 10-7. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/21171
Fitriyah, M., Made, D.P.N., & Yulianto, A. (2017). Content analysis of value of character: a case study of physics textbook in rembang regency. Unnes Science Education Journal, 6(3): 1700-1707. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/20384
Gayford, C. G. (1986). Some aspects of the problems of teaching about energy in school biology. European Journal of Science Education, 8(4), 443-450. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/0140528860080410
Hidayati, N. & Nur M, H. (2013). Respon guru dan siswa terhadap pembelajaran permainan bola voli yang dilakukan dengan pendekatan modifikasi (pada siswa kelas V SDN Wateswinangun I Sambeng-Lamongan). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1): 104-106. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/viewFile/2809/5670
Ichsan, I.Z., Rusdi, R., & Sartono, N. 2017. Hasil belajar sistem saraf menggunakan film pendek. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2): 49-59. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/biosfer/article/view/5078/3752
Maidiyah, E. & Fonda, C.Z. (2013). Penerapan model pembelajaran ARCS pada materi statistika di kelas XI SMA Negeri 2 RSBI Banda Aceh. Jurnal Peluang, 1(2): 12-21. http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1053/989
Misliani & Panjaitan, R.G.P. (2013). Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran oleh guru IPA Biologi di Kecamatan Kendawangan. Jurnal Wahana Bio, 9(1-2): 1-10. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb/article/view/1643/1419
Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran: sebuah pendekatan baru. Jakarta: Referensi.
Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2017). Pengembangan video pembelajaran IPA pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2):108-114. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/9825/7783
Nurbaiti, Panjaitan, R.G.P., & Titin. (2017). The properness of adobe flash basis interactive media for respiratory system learning material. Unnes Science Education Journal, 6(3): 1662-1668. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/23194/13489
Oyelekan, O. S. & Olorundare, A. S. (2009). Development and validation of a computer instructional package on electrochemistry for secondary schools in Nigeria. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology, 5(2):88-104. https://scholar.google.com/citations?user=DBpVr5wAAAAJ&hl=en
Panjaitan, R.G.P., Savitri E., & Titin. (2016). Pengembangan media e-comic bilingual sub materi saluran dan kelenjar pencernaan. Unnes Science Education Journal. 5(3): 1379-1387. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/13167
Panjaitan, R.G.P., Lijana, & Wahyuni, E.S. (2019a). The use of comic as learning medium for ecology. Unnes Science Education Journal, 8(1), 41-45. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/23194
Panjaitan, R. G. P., Sari, D.P., Wahyuni, E.S., & Shidiq, G. A. (2019b). Feasibility of Human Excretory System Module in Biology Learning. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 5(1):84-93. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/3894
Panjaitan, R.G. P., Titin, & Santoso, R. 2019c. Film dokumenter pemanfaatan tumbuhan berkhasiat obat sebagai media pembelajaran materi sistem pencernaan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2): 121-13. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/14808
Panjaitan, R.G.P., Wahyuni, E.S., & Mega. (2019d). Film dokumenter sebagai media pembelajaran submateri zat aditif. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2): 52-59. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JBIO/article/view/454
Patton, M. Q. (2015). Qualitative evaluation and research methods. Thousand Oaks, CA: Sage. https://www.scirp.org/(S(351jmbntvnsjt1aadkposzje))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1915688
Price, L & Kirkwood, A. (2011). Enhancing professional learning and teaching through technology: A synthesis of evidence-based practice among teachers in higher education. Higher Education Academy, York, UK. http://oro.open.ac.uk/30686/1/1_PLATP_main_report.pdf
Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia,7(1): 9-15. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/13293
Pramana, D.W. & Dewi, N.R. (2014). Pengembangan e-Book IPA terpadu tema suhu dan pengukuran untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa, Unnes Science Education Journal, 3(3): 602-08. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/4267
Qumillaila, Susanti, BH & Zulfiani 2017, Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia. Cakrawala Pendidikan, 1:57-69. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/9786
Raisa, S., Adlim, & Safitri, R. (2017). Respon peserta didik terhadap pengembangan media audio-visual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2): 80-85. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/9821
Restiyani, R., Juanengsih, N., & Herlanti, Y. (2014). Profil pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai media dan sumber pembelajaran oleh guru biologi (penelitian deskriptif di MAN Se-Jakarta Selatan). Jurnal Edusains. 6(1): 50-66. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/download/1100/977
Riggs, I.M., Enochs, L.G. (1989). Toward the development of an elementary teacher's science teaching efficacy belief instrument. paper presented at the annual meeting of the national association for research in science teaching (62nd, San Francisco, CA, March 30-April 1, 1989). https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED308068.pdf
Riska, F., Syafruddin, D., & Lisa, Y. (2018). Pengaruh metode guided note taking berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1): 26-32. https://media.neliti.com/media/publications/276198-pengaruh-metode-guided-note-taking-berba-16c8e7a4.pdf
Rozalinda, Albeta, S.W., Masnaini, & Sulismawati. (2018). Pengaruh media prezi dan exe-learning terhadap hasil pembelajaran kimia. Jurnal Edusains. 10(1): 65-73. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/7204/pdf
Suryana. (2010). Bahan ajar perkuliahan metodologi penelitian: model praktis penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Titin, Panjaitan, R.G.P., & Yuliana Y.G.S. (2018). The development of character-based documentary film for the materials of reproduction system. Unnes Science Education Journal, 7(3): 251-258. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/23318
Wahyuni, S., Emda, A., & Zakiyah, H. (2018). Pengaruh penggunaan media animasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1): 21-28. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/10743/9124
Wahyuningsih, A.N. (2012). Pengembangan media komik bergambar materi sistem saraf untuk pembelajaran yang menggunakan strategi PQ4R. Journal of Innovative Science 1(1): 19-27. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/40
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. 4 Agustus 2010. Surabaya. https://salamsemangat.files.wordpress.com/2011/05/pengembangan-matematika-berbasis-tik.pdf
Yendrita & Syafitri, Y. 2019. Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar biologi. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 2(1): 26-32. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/620
Zakia, A.R., Djamahar, D., & Rusdi. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah menggunakan media sosial e-learning terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pada sistem pencernaan. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1): 21-28. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JBIO/article/view/395/403
DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v8i2.15960
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia