PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA MODERN TENTANG DUALITAS PARTIKEL-GELOMBANG MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK LECTORA INSPIRE UNTUK MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN FISIKA

Lilik Ermiyati, Raden Oktova

Abstract


Pokok bahasan Dualitas Partikel-Gelombang  dalam mata kuliah Fisika Modern S-1 Pendidikan Fisika bersifat  abstrak, dan mahasiswa memerlukan suatu media interaktif untuk belajar secara mandiri di luar kegiatan tatap muka. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran tentang Dualitas Partikel-Gelombang dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan perangkat lunak Lectora Inspire. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi langkah-langkah: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Untuk mengetahui kelayakan media dilakukan validasi melalui angket oleh ahli materi, ahli media (TI dan pengguna mahasiswa. Tingkat kelayakan media yang diberikan oleh ahli materi, ahli media dan pengguna berturut-turut adalah sebesar 80,36, 85,42 dan 85,54 %. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.


Keywords


media pembelajaran interaktif, Fisika Modern, dualitas partikel-gelombang, Lectora Inspire

Full Text:

PDF

References


Aldoobie, N., 2015, “ADDIE Model”, American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72.

Arsyad, A., 2013, “Media pembelajaran,” Jakarta: Rajawali Press.

Barua, A., 2013, “Methods for decision-making in survey questionnaires based on Likert scale”, Journal of Asian Scientific Research, 3(1), 35-38.

Croasmun, J.T., dan Ostrom, L., 2011, “Using Likert-type scales in the social sciences”, Journal of Adult Education, 40(1), 19-22.

Georgiev, T., Georgiva, E., Smirakov, A., 2004, “M-learning: a new stage of e-learning”, Proceedings International Conference on Computer System and Technologies.

Hamzah, M. b., 2009, “Mobile learning: new era in Malaysia,” Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 153-156.

Linda, R., Erviyenni, Noer, A.M., Oktavianti, N. A., dan Sellyna, N., 2016, “Development of Lectora Inspire as interactive multimedia chemistry learning in Senior High School”, Jurnal Pendidikan Kimia, 8(3), 188-196.

Mas’ud, M., 2014, “Membuat multimedia dengan Lectora,” Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Muruganantham, G., 2015, “Developing of e-content package by using ADDIE Model,” International Journal of Applied Research, 1(3), 52-54.

Sari, P., dan Oktova, R., 2010, “Pemanfaatan Web Builder untuk perancangan media pembelajaran online tentang pengaruh rotasi bumi terhadap gerak bandul matematis,” Berkala Fisika Indonesia, 2(2), 54-63.

Serway, R.A., dan Vuille, C., 2015, “College physics (10th ed. with contributions from John Hughes)”, Stamford, USA: Cengage Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

 



Jumlah Pengunjung Berkala Fisika Indonesia

B
erkala Fisika Indonesia