PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA/FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMADIYAH MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH
Abstract
Kata kunci: kemampuan dasar matematika, penalaran, hasil belajar, IPA/Fisika.
Full Text:
PDFReferences
Aprilia F., I. R., dan Wilujeng, I., 2015, “Hubungan kemampuan matematis dan kemampuan penalaran dengan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan benda tegarâ€, diakses tanggal 20 November 2016,dari http://www.e-jurnal.com/2015/04/hubungan-kemampuan-matematis-dan.html.
Fitriarsi, K. W., 2001, “Hubungan antara kemampuan numerik, kemampuan berpikir korelasional dan kombinatorial dengan pemahaman konsep gerak dan gaya pada siswa kelas 1 cawu I SMU 5 Yogyakarta tahun ajaran 2000/2001â€, Yogyakarta: UNY.
Hariwijaya, 2005, “Tes intelegensiâ€, Yogyakarta: Andi Offset.
Haryadi, R., dan Pujiastuti, H., 2015, “Pengaruh kemampuan matematis terhadap hasil belajar fisikaâ€, Prosiding SKF 2015, Bandung: Pendidikan Fisika UPI.
Lukyto, T., 2009, “Hubungan antara kemampuan dasar matematika dan kebiasaan belajar peserta didik dengan prestasi belajar fisika pada bab cahaya peserta didik SMP Negeri 3 Ponorogoâ€, Malang: UNM.
Markawi, N., 2003, “Pengaruh keterampilan proses sains, penelaran, pemecahan masalah terhadap hasil belajar fisikaâ€, Jurnal Formatif, 3(1), 11-25.
Meltzer, 2003, “The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: a possible hidden variable in diagnostic pretest scoresâ€, American Journal of Physics, 70(12), 1-42.
Oktaviana, D., Jufrida, dan Darmaji, 2016, “Penerapan rpp berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambiâ€, Jurnal EduFisika, 1(01), 7-12.
Rapar, J. H., 1996, “Pengantar logika: asas-asas penalaran sistematisâ€, Yogyakarta: Kanisius.Rivai, V. H., 2003, “Upaya-Upaya meningkatkan hasil belajar kepemimpinan peserta diklat spamasurvei di Diklat Departemen Kesehatanâ€, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(40). Slameto, 2010, “Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinyaâ€, akarta: Rineka Cipta.
Solso, R. L., 2007, “Psikologi kognitifâ€, Jakarta: Erlangga.
Sudjana, N., 1987, “Penilaian hasil proses belajar mengajarâ€, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2002, “Metode penelitian administrasiâ€, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2013, “Statistik untuk penelitianâ€, Bandung: Alfabeta.
Suharto, J., 2016, “Korelasi nilai matematika dengan nilai fisika pada peserta didik MAN Cikarang tahun pelajaran 2007-2008â€, dikases 1 November 2016, dari https://www.scribd.com/doc/310367845/Korelasi-NilaiMatematika-Dengan-Nilai-Fisika-Pada-Siswa-Man-Cikarang-Tahun-Pelajaran-2007-2008:
https://www.scribd.com/
Sukadijo, G., 1999, “Logika dasar tradisional, simbolik dan induktifâ€, Jakarta: Gramedia.
Suriasumantri, J. S., 1984, “Berpikir sistem, konsep penerapan teknologi dan strategi implementasiâ€, Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta.
Thoifuri, 2007, “Menjadi guru inisiatorâ€, Jakarta: Rasail Media Group.
Walgito, B., 1992, “Pengantar psikologi umumâ€, Yogyakarta: Andi Offset.
Wanhar, 2008, “Hubungan antara pemahaman konsep matematika dengan kemampuan menyelesaikan persoalan
matematikaâ€, Jurnal Baruga, 1(3).
Wibowo, U. B., 2008, “Output lembaga pendidikan dalam perspektif ekonomi pendidikanâ€, Jurnal Manajemen
Pendidikan, 02(4), 17-30.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v9i1.6660
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Email: bfi@mpfis.uad.ac.id
p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465