PENINGKATAN MOTIVASI, KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS KUANTUM DI SMA NEGERI 4 MAGELANG, JAWA TENGAH

M. Arief Fauzan Bukhori

Abstract


Telah dilakukan penelitian tindakan kelas tentang upaya peningkatan motivasi, kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika melalui pendekatan kontekstual berbasis kuantum melalui dua siklus pada siswa kelas XI-IPA-2 di SMA Negeri 4 Magelang, Jawa Tengah pada semester gasal tahun pelajaran 2009/2010 dengan melibatkan 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendekatan kontekstual berbasis kuantum memberikan motivasi maksimal kepada siswa sehingga bergairah dalam belajar, di mana siswa termotivasi pada siklus I (75,0 %) dan siklus II (83,3 %), serta dapat menumbuhkan kerjasama yang konstruktif antarsiswa dalam diskusi kelompok, dengan tingkat kerjasama pada siklus I sebesar 72,2 % dan pada siklus II sebesar 89,2 %, (2) pelaksanaan proses belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual
berbasis kuantum dapat berjalan efektif, pada siklus I (70,3 %) dan siklus II (89,0 %), (4) Hasil belajar siswa mencapai penguasaan yang optimal setelah menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis kuantum, dapat dilihat melalui nilai postes yang telah mencapai ketuntasan belajar pada siklus I (70,6%) dan siklus II (91,2 %).

Kata kunci: motivasi belajar, kerjasama, pembelajaran efektif, hasil belajar fisika, pendekatan kontekstual berbasis kuantum


Full Text:

PDF

References


Ampary, G., 1984,â€Soal motivasi belajar, instrukturâ€, Gema TelekomunikasiXVI(188), Bandung: Humas Perumtel.

Bukhori, M.A.F., 2013, “Pembelajaran Fisika dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) Melalui Pengalaman Empiris: Kasus Perbedaan Pemahaman Konsep Gerak Melingkar pada Siswa Kelas X di Sma Negeri 4 Magelang, Jawa Tengah“, Berkala Fisika Indonesia5(1), 7.

Depdiknas, 2000, “Pengelolaan Pembelajaran yang Efektifâ€, Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Umum.

Depdiknas, 2001, †Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Fisika SMUâ€, Jakarta: Pusat KurikulumDepdiknas.

Depdiknas, 2002, â€Standar Kompetensi Mata Pelajaran Fisika SMAâ€, Jakarta: Pusat Kurikulum.

De Porter, B. dan Hernacki, M., 2005, â€Quantum Learningâ€, Bandung: Kaifa.

De Porter, B. Reardon, M. dan Nourie, S.S., 2003, â€Quantum Teachingâ€, Bandung: Kaifa.

De Porter, B. dan Hernacki, M., 1999, â€Quantum Learningâ€, Bandung: Kaifa.

Fatmawati, A., 2012, â€Efektivitas Pemberian Pretes dan Postes pada Model Pembelajaran CTL sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar tentang Massa Jenisâ€, Berkala Fisika Indonesia4(1 & 2), 43.

Moleong, L.J., 1989, â€Metodologi Penelitian Kualitatifâ€, Bandung: Remaja Karya.

Syah, M., 1995, â€Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baruâ€, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi dan Senduk, A.G., 2003, “Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBKâ€, Malang:Universitas Negeri Malang.

Hamalik, O., 2004, â€Proses Belajar Mengajar, Jakartaâ€: Bumi Aksara ,Sardiman, AM, 2005, â€Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajarâ€, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djamarah, S.B. dan Zain, A., 2002, â€Strategi Belajar Mengajarâ€, Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W., 2008, â€Strategi Pembelajaranâ€, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wlodkowski, R.J. dan Jaynes, J.H., 2004, â€Motivasi Belajarâ€, Terjemahan M. Chairul Annam, Jakarta: Cerdas Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v6i1.355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

 Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya

Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604

Email: bfi@mpfis.uad.ac.id

p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465


  

View My Stats