PENERAPAN MODEL SYNDICATE GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ZAT DAN WUJUDNYA UNTUK KELAS VII SMP

. Susetiyono, Achmad A. Hinduan

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk menyelidiki apakah model syndicate group yang digunakan dalam pembelajaran zat dan wujudnya dapat meningkatkan prestasi dan motivasi siswa dalam belajar fisika disbanding dengan metode ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain randomized two group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebuah SMP Negeri di Purworejo, Jawa Tengah tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak tujuh kelas. Sampel diambil dengan cluster sampling kelas VIIB sebanyak 32 siswa yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA sebanyak 32 siswa yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan 30 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban, dan angket motivasi belajar berjumlah 30 dengan skala Likert lima alternatif jawaban. Instrumen telah diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dengan taraf signifikansi 5 %, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar fisika dengan model syndicate group lebih tinggi dibanding dengan metode ceramah, (2) motivasi belajar siswa dengan menggunakan syndicate group lebih tinggi dibanding dengan metode ceramah, dan (3) ada hubungan signifikan antara hasil belajar siswa dan motivasi siswa dalam belajar fisika.

Keywords


motivasi belajar, hasil belajar, syndicate group, zat dan wujudnya, SMP.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., 2009, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Budiningsih, C. A., 2005 , Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Asdi Mahastya.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 22, Jakarta: Dharma Bhakti.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1984, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Depdikbud.

Devi, 2011, Keterampilan Proses Sains, dalam http://kamriantiramli.wordpress.cpm/2011/03/21/keterampilan-proses-sains. diakses tanggal 15 Juli 2011

Djamarah, S.B., Zain,A., 2006, "Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Hamalik, O., 2001, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, 2004, Statistika Untuk Penelitian, Pekanbaru:Pustaka Pelajar.

Modjiono dan Dimyati, 1992, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:Depdikbud.

Murwatiningsih, N., 2008, Penerapan Metode Diskusi Syndicate Group untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Konsep Dasar Pengantar Ilmu Ekonomi, dalam http://fle.unnes.ac.id/05/penelitian/2008/penerapan%20metode%20diskusi%20syndicate%20group.pdf di akses tanggal 11 Januari 2011.

Poerwadarminto, 1996, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka.

Purwanto, 2009, Evaluasi dan Hasil Belajar, Yogyakarta:Pustaka Relajar.

Roestiyah, 2008, Strategi Relajar Mengajar, Jakarta:Rineka Cipta.

Rokhmawati, E. A., 2011, Penerapan metode syndicate group untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VII A SMPN 24 Malang pada materi kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk, dalam http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/penerapan-metode-diskusi-syndicate-group-untuk meningkatkan-keaktifan-belajar-siswa-kelas-vii-a-smpn-24-malang-pada-materi-kaitan-antara-kondisi-geografis-dengan-keadaan-penduduk-evy-agustina-rokhmawati-42472.html di akses tanggal 11 Januari 2011.

Sagala, S., 2009, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung:Alfabeta.

Siregar, S., 2010, Statistika Deskriptif Untuk Penelitian, PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Slameto, 2008 , Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengarinya, Jakarta: Bineka Cipta.

Sudjana, N., 2009, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.

Sumadji, Wardjana, W., dan Sastra Wijaya, T., 1978, Zat dan Energi, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Tukiran, 2011, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Bandung:Alfabeta.

Uno, H.B., 2007, Model Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Wahidmurni, Mustikawan, A., dan Ridho, A., 2010, Evaluasi Pembelajaran, Malang: Nuha Literas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.