EFEKTIVITAS PEMBERIAN PRETES DAN POSTES PADA MODEL PEMBELAJARAN CTL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG MASSA JENIS

Alimatu Fatmawati

Abstract


Untuk meningkatkan  hasil belajar  fisika  siswa, seorang guru memerlukan  model pembelajaran yang tepat,  dansalah satu    model pembelajaran yang  dapat  digunakan adalah  model CTL (Contextual Teaching and Learning)dengan pemberian pretes dan postes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  perbedaan antara  hasil belajarsiswa pada model pembelajaran CTL dengan pemberian pretes dan postes  (kelas eksperimen)  dan  pada model pembelajaran CTL tanpa pemberian pretes dan postes (kelas kontrol) pada pokok bahasan massa jenis. Populasi penelitian ini adalah  siswa  kelas I SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta tahun ajaran  2005/2006. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik  cluster random sampling, dan kelas yang terpilih adalah kelas IB dan IC. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang terdiri atas 50 butir soal. Aspek yang dinilai meliputi aspek afektif,  kognitif dan psikomotorik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL dengan memberikan pretes dan postes menghasilkan nilai rerata 27,63 sedangkan pada  kelompok  kontrol  diperoleh rerata 23,46. Dengan nilai hitungt=  2,29 dan tabelt= 2,00 pada taraf reliabilitas 5%  dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL dengan pemberian pretes dan postes  dapat meningkatkan  hasil belajar  siswa lebih besar dari pada model pembelajaran CTL  tanpa pemberian pretes dan postes.

Keywords


CTL, pretes dan postes, massa jenis

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 

 



Jumlah Pengunjung Berkala Fisika Indonesia

B
erkala Fisika Indonesia