Improving students' physics learning outcomes through the snowball throwing type of cooperative learning model

Sriyanto Sriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI yang mengambil kelas fisika. Siswa yang terlibat berjumlah 34 orang (24 perempuan dan 10 laki-laki). Hasil belajar siswa dinilai menggunakan instrumen tes pilihan ganda. Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan teknik persentase. Penelitian dinyatakan berhasil apabila peningkatan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 67 dan ketuntasan klasikal mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Jadi, pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI yang mengambil kelas fisika.


Improving students' physics learning outcomes through the snowball throwing type of cooperative learning model. This study aims to improve physics learning outcomes through cooperative learning type snowball throwing. This study uses a two-cycle Class Action Research (CAR) model. The research was carried out on class XI students who took physics classes. There were 34 students involved (24 girls and 10 boys). Student learning outcomes were assessed using multiple choice test instruments. Student learning outcomes were analyzed using the percentage technique. The research is declared successful if the average increase in student learning outcomes reaches 67 and classical completeness reaches 80%. The results showed increased student learning outcomes after applying snowball throwing cooperative learning. So, cooperative learning with the type of snowball throwing can improve the physics learning outcomes of class XI students who take physics classes.


Keywords


Snowball throwing; Physics learning outcomes; Cooperative model

Full Text:

PDF

References


Ariska, L., Trisna, S., & Helendra, H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Talamau. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.22202/jrfes.2017.v4i1.2498

Azzahrah, I. F., Wahyuni, A., & Susanna. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Percobaan Sederhana Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(1), 87–91. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2169/1112

Bahtiar, R. S., & Suryarini, D. Y. (2019). Metode Role Playing dalam Peningkatkan Keterampilan Bercerita Pengalaman Jual Beli pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 71. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.15651

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Effendi, E., & Sholikhah, M. (2020). Komparasi Hasil Belajar pada Pembelajaran Fisika Materi Gerak Lurus Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Belitang. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 12(1), 35–42. https://doi.org/10.30599/jti.v12i1.608

Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61–74. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.1

Hakiki, R. S., Arsyad, M., & Khaeruddin. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Makassar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(3), 284–294. https://doi.org/10.26618/jpf.v3i3.281

Handayani, T., Mujasam, Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Curricula, 2(1), 47–58. https://doi.org/10.22216/jcc.2017.v2i1.1543

Helmiati. (2014a). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Snowball Throwing Pada Siswa Kelas X.9 SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/jpf.v2i1.213

Helmiati, H. (2014b). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Snowball Throwing Pada Siswa Kelas X. 9 SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 1–8.

Huda, M. (2011). Buku Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Ismatullah, K., & Fathoni, A. (2018). Pengembangan Software Fisika Berbasis Android sebagai Media Belajar pada Materi Asas Black. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2), 114. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.1092

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University Press.

Kinasih, A., & Mariana, E. (2021). Hubungan antara motivasi belajar dan minat baca siswa dengan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP PGRI 2 sekampung. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 39. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.32396

Manurung, N., Samosir, K., Hia, Y., Mariani, M., Togi, T., & Tambunan, H. (2019). Implementation of Snowball Throwing Type of Cooperative Learning in Calculus Course. International Education Studies, 12(3), 124–134. https://doi.org/10.5539/ies.v12n3p124

Mardiana, I., & Syazali, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 50–53. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1558

Masyita, S., Ali, M., & Kamaluddin. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Metode Analisis-Sintesis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 6(1), 13–16. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/10013

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515/443

Nurbaiti, N. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar fisika konsep listrik statis pada siswa kelas XII-IPA.1 SMA negeri 1 tanah jambo aye Aceh utara. Pelita Eduka IGI Aceh Utara, 1(2), 111–118. http://www.ejurnaligiacehutara.or.id/index.php/PE/article/view/31

Ramlah, R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XII SMAN 9 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 66. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4371

Sari, I. N., Saputri, D. F., & Sasmita, S. (2017). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 108. https://doi.org/10.25273/jems.v4i2.691

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272

Syakur, A., Musyarofah, L., Sulistiyaningsih, S., & Wike, W. (2020). The Effect of Project Based Learning (PjBL) Continuing Learning Innovation on Learning Outcomes of English in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 625–630. https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.860




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v13i2.23720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sriyanto

 Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya

Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604

Email: bfi@mpfis.uad.ac.id

p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465


  

View My Stats