Cover Image

Pengaruh model pembelajaran problem-based learning (PBL) dipadu dengan group investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran fisika

Aurelia Astria L. Jewaru, Purbo Suwasono, Asim Asim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model PBL-GI terhadap siswa yang menggunakan model PBL. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-experiment, Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian berasal dari siswa kelas XI IPA SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2018/2019 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen (KE) dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol (KK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas PBL-GI (KE) lebih tinggi dari siswa kelas PBL (KK). Hal ini dibuktikan dengan uji-t, diperoleh thitung = 3,021 dengan Sig. = 0,002.


Keywords


Pembelajaran berbasis masalah; Investigasi kelompok; Kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. (2008). Learning to teach (Belajar untuk mengajar) Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto, Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Astra, I. M., Wahyuni, C., & Nasbey, H. (2015). Improvement of learning process and learning outcomes in physics learning by using collaborative learning model of group investigation at high school (grade X, SMAN 14 Jakarta). Journal of Education and Practice, 6 (11), 75-79.

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44-50.

Brad, A. (2011). A Study of the Problem solving activity in high school students: Strategies and self regulated learning. Acta Didactica Napocensia, 4(1), 21-30.

Chung, P., Yeh, R. C., & Chen, Y. C. (2016). Influence of problem-based learning strategy on enhancing student's industrial oriented competences learned: An action research on learning weblog analysis. International Journal of Technology and Design Education, 26(2), 285-307.

Danial, M. (2010). Pengaruh strategi PBL dan kooperatif GI terhadap metakognisi dan penguasaan konsep kimia dasar mahasiswa jurusan biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Malang.

Davidson, N., & Major, C. H. (2014). Boundary crossings: Cooperative learning, collaborative learning, and problem-based learning. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 7-55.

Dewey, J. (1964). Democracy and Education. New York: The Macmillan Company.

Fraser, J. M., Timan, A. L., Miller, K., Dowd, J. E., Tucker, L., & Mazur, E. (2014). Teaching and physics education research: bridging the gap. Reports on Progress in Physics, 77(3), 032401.

Ikhwanuddin, Jaedun, A., & Purwantoro, D. (2010). Problem solving dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berpikir analitis. Jurnal Kependidikan: Penelitian inovasi pembelajaran, 40(2), 215-230.

Indriani, F. (2014). Pengaruh pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan memecahkan masalah fluida statis siswa kelas XI MAN 3 Malang. Universitas Negeri Malang.

Leinonen, R., Asikainen, M. A., & Hirvonen, P. E. (2013). Overcoming students' misconceptions concerning thermal physics with the aid of hints and peer interaction during a lecture course. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 9(2), 1-22.

Ogunleye, O. A. (2009). Teacher and Student perception of student problem solving difficulties in physics: Implication for remidition. Journal of Collage Teaching & Learning, 6(7), 85-90.

Oktamia, N. (2014). Penerapan model pembelajaran group investigation (GI) berbasis eksperimen untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Pulung, Ponorogo. Universitas Negeri Malang.

Permendikbud. (2013). Pengembangan kurikulum 2013. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Ratnaningdyah, D. (2017). Upaya melatihkan kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran fisika dengan model cooperative problem solving (CPS). JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(1), 1-3.

Sutopo, S. (2016). Pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep dasar gelombang mekanik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(1), 41-53.

Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Viennot, L., & Décamp, N. (2018). The transition towards critique: discussing capillary ascension with beginning teachers. European Journal of Physics, 39(4), 045704.

Walsh, L. N., Howard, R. G., & Bowe, B. (2007). Phenomenographic study of students' problem solving approaches in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 3(2), 020108.

Wulandari, N. F., & Jailani. (2015). Indonesian students mathematics problem solving skill in PISA and TIMSS. In Proceding of Internasional Conference On Research, Implementation and Education of Mathematics and Science. Yogyakarta State University.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v12i2.20338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aurelia Astria L. Jewaru, Purbo Suwasono, and Asim

 Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya

Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604

Email: bfi@mpfis.uad.ac.id

p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465


  

View My Stats