Cover Image

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika pada materi elastisitas bahan kelas XI IPA SMA muhammadiyah Maumere

Kataria Inus, Erwin Prasetyo, Florentinus Primarius Naraama Koten, Pujianti Bejahida Donuata

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Fisika pada materi Elastisitas Bahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Maumere yang berjumlah 27 orang. Pemilihan subyek penelitian didasarkan pada penilaian urutan hasil tes siswa yang melakukan kesalahan. Dua siswa dari kelompok atas, dua siswa dari kelompok tengah, dan dua siswa dari kelompok bawah bertindak sebagai peserta pembelajaran. Enam subyek dipilih berdasarkan rangking jumlah kesalahan dari tiap kelompoknya. Kemudian 6 subyek dilakukan wawancara secara intensif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam memahami, transformasi, keterampilan pemrosesan, dan menulis. Kesalahan transformasi adalah yang paling umum dari empat jenis kesalahan yang dibuat oleh siswa. Kesalahan ini disebabkan oleh siswa kurang memahami konten soal elastisitas bahan dan langkah-langkah dalam menyelesakan soal.


Keywords


Analisis kesalahan siswa; Kesalahan memahami; Kesalahan transformasi; Kesalahan keterampilan proses; Kesalahan pengkodean

Full Text:

PDF

References


Ahliha, S., Mastuang, & Mahardika, A. I. (2017). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 26 Banjarmasin dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving) dalam setting pengajaran langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 118–132.

Clements, M. A. (Ken), & Ellerton, N. F. (1996). The newman procedure for analysing errors on written mathematical tasks. Retrieved from http://compasstech.com.au/ARNOLD/PAGES/newman.htm

Fitri, E. (2007). Deskripsi kesalahan dalam menyelesaikan soal listrik dinamis pada siswa kelas III SMP Negeri 14 Pontianak. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in Assam (India): An analysis using Newman procedure. International Journal of Computer Applications in in Engineering Sciences, II(I), 17–21.

Kim, Hyejin, Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2017). Characteristics of qualitative descriptive studies: A systematic review. Research in Nursing & Health, 40(1), 23-42.

Letuna, E. Y. (2011). Analisis Kesalahan menurut klasifikasi waston pada siswa dalam mengerjakan soal-soal bentuk akar. Universitas Kristen Satya Wacana.

Mulia, S. A. (2019). PHYLAMENT (Physics Education and Experiment). Jurnal Bina Desa, 1(1), 12–15.

Sari, D. M., Surantoro, & Ekawati, E. Y. (2013). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi termodinamika pada siswa SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(2), 33–39.

Seo, Y. (2010). Persentase kelulusan UN di NTT terburuk se-Indonesia.

Suparno, E. (2009). National Manpower Strategy. Jakarta: Kompas.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v11i2.20231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kataria Inus, Erwin Prasetyo, Florentinus Primarius Naraama Koten, and Pujianti Bejahida Donuata

 Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya

Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604

Email: bfi@mpfis.uad.ac.id

p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465


  

View My Stats