EFEKTIVITAS PEMBERIAN PRETES DAN POSTES PADA MODEL PEMBELAJARAN CTL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG MASSA JENIS

Alimatu Fatmawati

Abstract


Untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa, seorang guru memerlukan model pembelajaran yang tepat, dansalah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model CTL (Contextual Teaching and Learning)dengan pemberian pretes dan postes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajarsiswa pada model pembelajaran CTL dengan pemberian pretes dan postes (kelas eksperimen) dan pada modelpembelajaran CTL tanpa pemberian pretes dan postes (kelas kontrol) pada pokok bahasan massa jenis. Populasipenelitian ini adalah siswa kelas I SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta tahun ajaran 2005/2006. Sampelpenelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dan kelas yang terpilih adalahkelas IB dan IC. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang terdiri atas 50 butir soal.Aspek yang dinilai meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan bahwamodel pembelajaran CTL dengan memberikan pretes dan postes menghasilkan nilai rerata 27,63 sedangkanpada kelompok kontrol diperoleh rerata 23,46. Dengan nilaihitungt= 2,29 dantabelt= 2,00 pada tarafreliabilitas 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL dengan pemberian pretes dan postes dapatmeningkatkan hasil belajar siswa lebih besar dari pada model pembelajaran CTL tanpa pemberian pretes danpostes.

Keywords


CTL, pretes dan postes, massa jenis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.