Social Functions of the Kamang Mudiak Folklore Text: as Inauguration of Local Cultural Heritage
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24 (2).
Ibrahim, R. (2015). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya denganTujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1).
Baharun, H., &Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan Multikultural dalam Menanggulangi Narasi Islamisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 224-243.
Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 78-91.
Awaru, A. O. T. (2017, February). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial (Vol. 2, pp. 221-230).
Ambarudin, R. I. (2016). Pendidikan multikultural untuk membangun bangsa yang nasionalis religius. Jurnal Civics, 13 (1), 28-45.
Isnanda, R., & Azkiya, H. (2019). PEMBERDAYAAN SANGGAR BUDAYA LOKAL DI KANAGARIAN KAMANG MUDIAK KECAMATAN KAMANGMAGEK KABUPATEN AGAM. Dharmakarya, 8 (3), 163-169.
Amin, I., & Syahrul, R. (2013). Cerita Rakyat Penamaan Desa di Kerinci: Kategori dan Fungsi Sosial Teks. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 1(1).
Sutriati, N., Hasanuddin, W. S., & Zulfadhli, Z. (2012). Kategori dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat di Kenegerian Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 126-131.
Nurkhalis, N. (2019). Fungsi Sosial Pada Tradisi Pantang Melaut Masyarakat Pesisir Aceh. Community: Pengawas Dinamika Sosial, 4(2), 155-166.
Hijiriah, S. (2017). Kajian struktur, fungsi, dan nilai moral cerita rakyat sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(1).
Dewita, S., & Nasution, M. I. (2019). Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Batu Baimpik di Nagari Parambahan Solok. Jurnal Bahasa dan Sastra, 7 (3), 258-266.
Isnanda, R. (2015). Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal gramatika, 1(2), 79730.
Hasanuddin WS. 2003. Transformasi dan Produksi Sosial Teks Melalui Tanggapan dan Penciptaan Karya Sastra: Kajian Interstekstualitas Teks Cerita Anggun Nan Tongga Magek Jabang. Bandung: Dian Aksara Press.
Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Asnawi, A. (2020). Kategori dan Fungsi Sosial Teks Cerita Rakyat Mayarakat Banjar Hulu: sebagai Pengukuh Warisan Kebudayaan Lokal Bangsa. Jurnal Sastra Indonesia, 9 (3).
Asnawi, A. (2020). Kategori dan Fungsi Sosial Teks Cerita Rakyat Mayarakat Banjar Hulu: sebagai Pengukuh Warisan Kebudayaan Lokal Bangsa. Jurnal Sastra Indonesia, 9(3), 212-221.
Nur, M. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Konsep Pendidikan Multikultural. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 2.
Wakano, A. (2019). Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Kearifan Lokal Masyarakat Maluku. al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 26-43.
Wahab, A. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Fikih pada MTs DDI Kaballangang Kabupaten Pinrang. Al-Musannif, 3(1), 1-14.
Hamidy, UU. 2006. Jagad Melayu dalam Lintas Budaya di Riau. Pekanbaru: Bilik Kreatif Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bahastra.v41i2.21092
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hidayati Azkiya, Romi Isnanda, Syofiani Syofiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BAHASTRA
ISSN : 0215-4994 (Print)
ISSN : 2548-4583 (Online)
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Bahastra is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
View Bahastra Stats