EFEKTIVITAS MODEL ELICITING ACTIVITIES DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS XI IPA SEMESTER GANJIL MAN SABDODADI BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Ayu Trisna Dewi, Abdul Taram

Abstract


Pembelajaran yang monoton membuat siswa menjadi jenuh. Selain itu, pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa yaitu model eliciting activities dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model eliciting activities dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA semester ganjil MAN Sabdodadi tahun ajaran 2015/2016.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester ganjilMAN Sabdodadi Bantul tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas. pengambilan sampel dengan teknik Random Sampling terhadap kelas. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar matematika. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t.

Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan = 47 menunjukkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model eliciting activities dengan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas XI IPA semester ganjil MAN Sabdodadi Bantul tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dengan uji hipotesis dua pihak dengan uji-t diperoleh  = 2,062 dan  = 2,014. (2) Pembelajaran menggunakan model eliciting activities lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA semester ganjil MAN Sabdodadi tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dengan uji hipotesis satu pihak dengan uji-t diperoleh  = 2,062 dan  =1,67945. Hal ini ditunjukan dengan uji-t satu pihak dengan  = 2,062 dan  = 1,67945. (3) Tidak ada perbedaan antara nilai kemampuan awal dengan nilai hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model eliciting activities dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas XI IPA semester ganjil MAN Sabdodadi Bantul tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dengan uji hipotesis dua pihak dengan uji-t diperoleh  = 1,500 dan  = 2,014.

 

Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v3i1.5952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.