PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA MATERI OPERASI ALJABAR UNTUK SMP/MTs KELAS VIII

Ali Mahfud

Abstract


Ketersediaan bahan ajar matematika di beberapa sekolah misalnya di MTs Muhammadiyah Karangkajen masih kurang. Khususnya bahan ajar yang menarik dan memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar. Lembar Aktivitas Siswa (LAS) untuk kurikulum KTSP merupakan salah satu alternatif bahan ajar yang dapat memfasilitasi siswa untuk dapat belajar dengan mandiri baik dengan atau tanpa bimbingan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan LAS untuk siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi operasi aljabar. Penelitian pengembangan LAS ini mengikuti langkah-langkah Research and Development (R&D) yang meliputi : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis instrumen angket. Subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, dan siswa kelas VIII SMP/MTs. Hasil penelitan dan pengembangan LAS untuk siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi operasi aljabar terdiri dari tiga judul utama yaitu : (1) Operasi hitung pada bentuk aljabar; (2) Pemfaktoran bentuk aljabar; (3) Operasi pecahan dalam bentuk aljabar. Dari hasil penelitian oleh ahli materi diperoleh skor 124,5 dengan kriteria sangat baik, dari ahli media diperoleh skor 91,5 dengan kriteria sangat baik. Dan hasil respon siswa terhadap LAS adalah sangat baik dengan skor 75,7 pada uji coba I. sedangkan pada uji coba II meningkat menjadi 76,6 dengan kriteria sangat baik. Rata-rata hasil respon siswa dalam penelitian ini adalah 76,15 dengan kriteria sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LAS untuk siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi operasi aljabar layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan LAS, Operasi Aljabar, Layak digunakan



DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v3i1.5948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.