HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI SISWA DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 3 KASIHAN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini didasari pada rendahnya konsep diri siswa dan kurangnya kemandirian siswa SMP Negeri 3 Kasihan Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri siswa dan kemandirian siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas VIIA, VIIB, VIIC, dan VIID yang keseluruhan berjumlah 118 siswa. Diperoleh kelas VIIB sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data konsep diri siswa dan kemandirian siswa, serta metode tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian yang dilakukan yaitu uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri siswa dan kemandirian siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP 3 Kasihan Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Calhoun, J.F. & Acocella, J.R. (1990). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang.
Haris Mudjiman. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22574
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.