HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATKA SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 PLERET KABUPATEN BANTUL SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Siti Hajaryatun Nurrohmah, Sunaryo Sunaryo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat belajar siswa, kurang mendukungnya pergaulan teman sebaya dalam belajar matematika, dan rendahnya hasil belajar metematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI TITL semester genap SMK Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL semester genap SMK Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas XI TITL A, XI TITL B dan XI TITL C yang keseluruhan berjumlah 95 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas dan diperoleh kelas XI TITL C sebagai kelas sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data minat belajar dan pergaulan teman sebaya serta metode tes untuk memperoleh hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI TITL semester genap SMK Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018.


Keywords


Minat Belajar, Pergaulan Teman Sebaya, Hasil Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Ari, Ernawati. (2013). Hubungan Minat Belajar dan Pergaulan Teman Sebaya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Wonosari Kabupaten Gunungkidul Tahun Ajaran 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharti, dkk. (2015). Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Terdapat Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se Kecamatan Manggala di Kota Makassar. Jurnal Daya Matematis: Vol. 3 No. 1 Maret 2015.

Susanti, Wira. (2015). Hubungan Antara Minat Belajar, Fasilitas Belajar di Rumah, dan Teman Sebaya dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah VII Yogyakarta Tahun Ajaran




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.