HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR, TEMAN SEBAYA, DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X TKR SMK SUKAWATI SRAGEN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018

Novia Anggraeni, Suparyan Suparyan

Abstract


Hasil belajar matematika siswa yang rendah berhubungan dengan beberapa faktor. Hubungan antara minat belajar, teman sebaya, dan perhatian orang tua merupakan beberapa faktor yang dimungkinkan berhubungan dengan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara antara minat belajar, teman sebaya, dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X TKR SMK Sukawati Sagen semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas X TKR SMK Sukawati Sragen Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas X TKR 1, X TKR 2, X TKR 3 yang keseluruhan berjumlah 73 siswa. Kelas X TKR 1 terpilih sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data minat belajar, teman sebaya dan perhatian orang tua, serta metode tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji independen, dan uji linearitas. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar, teman sebaya, dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas X TKR SMK Sukawati Sragen Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018.


Keywords


Minat Belajar, Teman Sebaya, perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Matematika.

Full Text:

PDF

References


Chaplin. (2012). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: RajaGrafindo.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

_________. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rimawati. (2012). Prosiding Seminar 1 Buku 2. Yogyakarta: JPMIPA FKIP UAD Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

UU RI No 20 tahun 2003. Tersedia pada: https://mcdens13.wordpress.com/2013/05/04/undang-undang-ri-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional/. Diakses pada tanggal 15 Mei 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.