EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Emi Puspitaningtyas, Uus Kusdinar

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya kemampuan memecahkan masalah matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banguntapan Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banguntapan kecuali siswa kelas VII G dan VII H. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara undian kelas. Dari undian kelas diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Kemampuan memecahkan masalah matematika diperoleh menggunakan metode tes. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji daya pembeda dan uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji prasyarat adalah uji normalitas dengan Chi-Kuadrat dan uji homogenitas dengan uji-F, sedangkan uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t dua pihak diperoleh dan , sehingga dengan taraf signifikan 5% dan dk = 54 menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbeda dengan siswa yang menggunakan metode ekspositori. Dari uji-t satu pihak diperoleh sehingga dengan taraf signifikan 5% dan dk = 54 menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif daripada model pembelajaran menggunakan metode ekspositori terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika.

Keywords


Efektifitas, Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, Kemampuan Memecahkan Masalah

Full Text:

PDF

References


Ibrahim dan Suparni. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Bidang akademik UIN Sunan Kalijaga.

Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.