PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB) C SMK NEGERI 1 PAJANGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Interaksi belajar siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan (TGB) C SMK Negeri 1 Pajangan Kabupaten Bantul dalam pembelajaran matematika masih rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum memotivasi siswa untuk aktif berinteraksi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan interaksi belajar matematika siswa kelas XI TGB C SMK Negeri 1 Pajangan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setting penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TGB C SMK Negeri 1 Pajangan Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan interaksi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi interaksi belajar matematika siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu rata-rata persentase siklus I sebesar 57, 84% dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 76, 91% dengan kriteria baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, Suharjono, & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Majid, Abdul. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 Pasal 19 tentang Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta Didik, antara Peserta Didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22530
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.