PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) A SMK N 1 PLERET KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Diasty Ponjen, Sunaryo Sunaryo

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) A SMK N 1 Pleret Tahun Ajaran 2017/2018 dalam pembelajaran matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) A SMK N 1 Pleret. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting penelitian ini adalah siswa kelas Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) A SMK N 1 Pleret Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode catatan lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa selama pembelajaran dengan menggunakan PBL mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi kemampuan berpikir kreatif siswa, rata-rata persentase pada siklus I adalah 57,84% (kriteria cukup), dan rata-rata presentase siklus II adalah 76,91% (kriteria baik).


Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Matematika, PBL

Full Text:

PDF

References


Hendriana, Heris., Roehaeti, Euis Eti., dan Sumarmo, Utari. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Kemendikbud. (2013). Lampiran Permendikbud No 70 Tahun 2013 Tentang Keranka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

Kemendikbud. (2014). Lampiran Permendikbud No 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.

Munandar, Utami. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurlaela, Lutfiyah., Dan Ismayari, Euis. (2014). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, Ridwan Abdullah. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.