HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Matematika dianggap sebagai pelajaran yang rumit dan membosankan. Kurangnya peningkatan aspek lingkungan belajar di rumah dan motivasi belajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar di rumah dengan hasil belajar matematika. (2) Ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika. (3) Ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar di rumah dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 152. Dengan teknik simple random sampling diperoleh kelas VIII E sebagai kelas uji coba dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Instrumen penelitian berupa angket lingkungan belajar di rumah, angket motivasi belajar, dan soal. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif, uji prasyarat analisis, uji independen, dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh: (1) thitung ttabel yaitu sehingga ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar di rumah dengan hasil belajar matematika. (2) thitung ttabel yaitu sehingga ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika. (3) Fhitung Ftabel yaitu sehingga ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di rumah dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.Asari, Abdur Rahman, et al. 2014. MATEMATIKA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Cahyono, Suprat Dwi dan Mega Teguh Budiarto. (2016). Pengaruh Self Effacacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Surabaya pada Materi Lingkaran. Jurnal ilmiah pendidikan matematika. Vol. 3, No 5.
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Khasanah, Uswatun. (2016). Analisis Regresi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan.
Maryati, et al. (2015). Hubungan Antara Lingkungan dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendagogi. Vol.03,No.06.
Prawira, Purwa Atmaja. (2014). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Puspitasari, Rini. (2013). Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Cawas Tahun Pelajaran 2012/2013. Cawas. Skripsi.
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motiasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, Anita. (2016). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Ajaran 2015/2016. Tuntang: Jurnal Math Educator Nusantara. Vol.01,No.02.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta cv.
Suherman, Erman et al. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukardjono. (2000). Filasafat dan Sejarah Matematika. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uno, Hamzah B. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Usman, Ahmad. (2008). Mari Belajar Meneliti. Yogyakarta: Genta Press.
Walgito, Bimo. (1985). Bimbingan dan Penyuluhan Di Sekolah. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i3.22525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.