HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN NUMERIK, MINAT BELAJAR DAN TEMAN SEBAYA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA
Abstract
Hasil belajar matematika siswa yang rendah berhubungan dengan beberapa faktor. Kemampuan Numerik, Minat Belajar dan Teman Sebaya merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara Kemampuan Numerik, Minat Belajar dan Teman Sebaya dengan hasil belajar matematika siswa kelas X semester genap Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 yang keseluruhan berjumlah 52 siswa. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas sampel penelitian dengan menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode angket. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas, uji daya pembeda dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji independen dan uji linearitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara Kemampuan Numerik, Minat Belajar dan Teman Sebaya dengan hasil belajar matematika siswa kelas X Semester Genap Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh yaitu 5,243 dan 3,05 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,646 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,417 dengan persamaan regresi linear = - 36,932 + 0,333X₠+ 0,516 X₂ + 0,348 X₃.  45,836%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chaplin, James P. (1981). Kamus Lengkap Psikologi. Kartono-Kartini.2002. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Rosida, Halima., Sunarno, Widha., & Suparwoko. (2002). Hubungan Antara Kemampuan Awal dan Kemampuan Numerik dengan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Surakarta : Journal of Technology Education.Vol.13.No.2.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22516
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.