HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP

Melati Puspita Murdiani, Uus Kusdinar

Abstract


Kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua merupakan faktor yang diduga berhubungan dengan rendahnya hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII di salah satu SMP Muhammadiyah di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/ 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Di salah satu SMP Muhammadiyah di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2017/ 2018 sebanyak 4 kelas yang terdiri dari 116 siswa dan sampel pada penelitian ini diambil satu kelas dengan teknik purposive yaitu kelas VII A yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik angket untuk mengetahui kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua serta teknik tes untuk mengetahui hasil belajar matematika. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika dengan pada taraf signifikan 5%. Koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,492300846 dengan persamaan regresi linier ganda = -34,384849+ 0,5373511 + 0,712021 . Sumbangan relatif 50,0995% dan 49,9005% dengan koefisien determinasi ganda sebesar 0,24236 serta sumbangan efektif 12,1421% dan 12,0939%.


Keywords


kedisiplinan belajar, perhatian orang tua, hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT Bumi Aksara

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Jazi,Retmono. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS.Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang. Vol. 2 No. 1, November 2014. https://www.neliti.com/id/journals/ekonomi-ikip-veteran-semarang di akses pada tanggal 1 Oktober 2017

Kemendikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia V. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Belajar

Siti,Leli. (2008). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.Vol. 02; No. 01 Tahun 2008. journal.uniga.ac.id/ index.php/JP/search/.../view?...Leli...Siti%20Hadianti...ID diakses pada tanggal 24 September 2017

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktornya.Jakarta: Rineka Cipta

Tego,Singgih. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. X, No. 1, Tahun 2012. https://journal.uny.ac.id/ index.php/jpakun/article/view/923 diakses pada tanggal 1 Oktober 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.