PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS X SMA

Yunita Rismawati, Sunaryo Sunaryo

Abstract


Pemahaman konsep siswa kelas X MIPA 4 Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing di kelas X MIPA 4 Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data ini berupa observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, lembar tes, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika siswa kelas X MIPA 4 Di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes pemahaman konsep siklus I dan siklus II, pada siklus I hanya 15 siswa yang tuntas tes pemahaman konsep dengan persentase 55,5% dengan kriteria cukup sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa dengan persentase 93,55% dengan kriteria sangat tinggi.


Keywords


Penemuan Terbimbing, Pemahaman Konsep, Matematika

Full Text:

PDF

References


Aminudin, Rusmin. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Palu Pada Materi Hubugan Sudut Dalam dan Sudut Luar Segitiga. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), hlm. 101-114.

Slameto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Eggen, Paul dan Don Kauchak. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Ketrampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Ertikanto, Chandra. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Ibrahim dan Suparni. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Markaban, (2008). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Murizal, Angga, Yarman, dan Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematika dan Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), Hlm 19- 23.

Penyusun, T. (2014). Permendikbud RI Nomor 59 Tahun 2014. Jakarta: Depdiknas.

Purwaningsih, Ayu dan Ariyanto. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Siswa SMP Kelas VII. Prosiding Konferensii Nasional Penelitian Matematka dan Pembelajarannya (KPMP I), hlm. 402-411.

Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soemanto, Wasty. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.