PERSEPSI SISWA KELAS VIII SMP PADA CARA GURU MENGAJAR, MINAT BELAJAR AND MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Ahmad Fajar Romadhon, Suparyan Suparyan

Abstract


Hasil belajar matematika siswa yang rendah berhubungan dengan beberapa faktor. Hubungan persepsi siswa pada cara guru mengajar, minat belajar, dan motivasi belajar merupakan beberapa faktor yang dimungkinkan berhubungan dengan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa pada cara guru mengajar, minat belajar, dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII Di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Lebak Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Lebak Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas VIII A, VIII B, VIII C yang keseluruhan berjumlah 102 siswa. Kelas VIII A terpilih sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data persepsi siswa pada cara guru mengajar, minat belajar, dan motivasi belajar, dan menggunakan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji independen, dan uji linearitas. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa pada cara guru mengajar, minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Lebak Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018.


Keywords


Persepsi siswa pada cara guru mengajar, minat belajar, motivasi belajar, hasil belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

________________. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Khasanah, Uswatun. (2013). Analisis Regresi. Yogyakarta: Pendidikan Matematika UAD

Nawawi, H. (1984). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

_______. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

_______. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta : Universitas Pendidikan Indonesia.

Suparman. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: MIPA UAD Press.

Wijaya, Cece dan A. Tabrani Rusyan. (1994). Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.