KESALAHAN SISWA SMK JURUSAN BUSANA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN

Aditya Wahyu Wardana, Harina Fitriyani

Abstract


Dalam belajar matematika yang terpenting adalah seberapa besar kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah matematika. Dengan adanya kesulitan siswa terjadilah kesalahan siswa baik dalam belajar maupun dalam menyelesaikan soal-soal bilangan berpangkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan banyaknya siswa kelas SMK Jurusan Busana yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal terkait materi bilangan berpangkat ditinjau dari empat aspek kesalahan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan fakta, kesalahan operasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Busana di salah satu SMK Negeri di Bantul. Objek penelitian adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal uraian materi operasi bilangan berpangkat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan wawancara. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan berupa: kesalahan fakta (3,09% siswa), konsep (30,2% siswa), operasi (25,9% siswa), dan prinsip (3,4% siswa). Beberapa faktor penyebab kesalahan siswa yaitu siswa beranggapan proses tidak diberi langkah, tidak paham maksud soal, tidak teliti, terburu-buru, tidak fokus, belum memahami operasi bilangan berpangkat, belum memahami cara mengubah bentuk pecahan menjadi pangkat, dan belum memahami sifat eksponen bilangan berpangkat.


Keywords


Kesalahan siswa, Operasi Bilangan Berpangkat

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Ambarwati, Dara Juwita. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Salatiga Tahun 2013/2014. Diakses http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/5005/1/T1_202010154_Judul.pdf pada tanggal 14 Mei 2018.

Anwar, Zakiyah. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Siswa VII SMP Negeri 6 Kota Sorong. Jurnal Noken : Ilmu-ilmu Sosial. Vol 2 No 1.

Febriyani, Dyah Veronica. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Bilangan Berpangkat Pada Siswa Kelas X SMK KANISIUS 1 PAKEM Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta : USD.

Ibrahim dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta : Suka Press.

Miles, Matthew B and A. Michael Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta : UI-Press.

Lestari, Puji. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika SMA Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat dan Akar. JISIP, Vol. 2 No.1.

Shadiq, Fajar. 2014. Pembelajaran matematika. Yogyakarta : Graha ilmu.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung : JICA.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dikti Depdiknas




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

admathedust stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.