PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR UNTUK MATA KULIAH LOGIKA MATEMATIKA DAN HIMPUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Authors

  • Syariful Fahmi
  • Soffi Widyanesti Priwantoro Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i2.9158

Keywords:

Adobe Flash CS3, Media Pembelajaran Interaktif, Logika Matematika dan Himpunan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran untuk mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah Logika Matematika dan Himpunan, serta bagaimana kualitas media pembelajaran yang dihasilkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang meliputi: (1) analisis standar isi, (2) pengumpulan referensi media  interaktif, (3) penyusunan rancangan media interaktif, dan (4) pembuatan media interaktif berupa cakram digital (CD).  Media pembelajaran dilakukan validasi  kepada ahli media, ahli materi dan mahasiswa peserta mata kuliah Logika Matematika dan Himpunan kelas D tahun ajaran 2017/2018. Penggunaan media pembelajaran dalam belajar Logika Matematika dan Himpunan memegang peranan penting sebagai salah satu alat untuk membantu mahasiswa mengembangkan daya logikanya serta mempertinggi mutu belajar-mengajar.

Downloads

Published

2017-12-23

Issue

Section

Articles