PENGARUH IKLIM KELAS, SIKAP SISWA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KOTA PALU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh iklim kelas matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di kota Palu.Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Palu tahun pelajaran 2013/2014 yang diambil dengan menggunakan tehnik two-stage proporsional stratified random sampling yang berjumlah 198 siswa. Instrumen yang digunakan: (1) skala iklim kelas matematika, (2) skala sikap terhadap matematika, (3) skala motivasi belajar matematika, (4) tes hasil belajar matematika kelas VIII. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis jalur (path anlysis). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Iklim kelas matematika berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sikap siswa dan motivasi belajar siswa dengan besar pengaruh masing – masing 0,16 dan 0,20.
Â
Â
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v7i2.9148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hajerina Hajerina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.