PENGARUH IKLIM KELAS, SIKAP SISWA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KOTA PALU

Hajerina Hajerina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh iklim kelas matematika terhadap hasil belajar matematika  siswa kelas VIII SMP Negeri di kota Palu.Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Palu tahun pelajaran 2013/2014 yang diambil dengan menggunakan tehnik two-stage proporsional stratified random sampling yang berjumlah 198 siswa. Instrumen yang digunakan: (1) skala iklim kelas matematika, (2) skala sikap terhadap matematika, (3) skala motivasi belajar matematika, (4) tes hasil belajar matematika kelas VIII. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis jalur (path anlysis). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Iklim kelas matematika berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sikap siswa dan motivasi belajar siswa dengan besar pengaruh masing – masing 0,16 dan 0,20.

 

 


Keywords


Hasil belajar, iklim kelas, sikap siswa, dan motivasi belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v7i2.9148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL ILMIAH ADMATHEDU

ISSN: 2088-687X

MATHEMATICS EDUCATION

FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION

AHMAD DAHLAN UNIVERSITY

 

Contact: 081328201198

 

View My Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.