ANALISIS KESALAHAN PEMECAHAN MASALAH KASUS EQUILIBRIUM, BREAK EVENT POINT DAN PROGRAM LINIER

Herlina Herlina

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui kesalahan-kesalahan mahasiswa/i dalam memecahkan kasus  equilibrium, break event point dan program linear, mengetahui penyebab mahasiswa/i melakukan kesalahan dalam memecahkan kasus  equilibrium, break event point dan program linear, mengetahui cara-cara mengatasi masalah mahasiswa/i dalam memecahkan kasus equilibrium, break event point dan program linear. Hasil penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa pada kasus equlibrium, break event point dan program linier secara umum adalah 1) kesalahan menerjemahkan bahasa, kesalahan pada saat menentukan apa yang diketahui dan apa yang tidak diketahui; 2) kesalahan konsep dalam memberikan tanggapan konsep perumusan atau dalil matematika; 3) kesalahan strategi penyelesaian masalah dalam operasi hitung, pindah ruas, menentukan kesimpulan. Penyebab kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan kasus equlibrium, break event point dan program linier secara umum adalah1) penyebab kesalahan pada saat penerjemahan yaitu mahasiswa masih kurang paham apa yang ditanyakan, 2) penyebab kesalahan pada saat tanggapan/konsep yaitu mahasiswa masih kurang paham apa yang menjadi tujuan soal sehingga mahasiswa masih bingung menentukan langkah apa yang akan dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. 3) penyebab kesalahan pada saat strategi yaitu mahasiswa kurang teliti dalam melakukan oprasi hitung. Cara mengatasi masalah mahasiswa/i dalam memecahkan kasus  equilibrium, break event point dan program linear adalah 1) dosen memberikan latihan soal berupa kasus dan membahas penyelesaian secara  bersama-sama serta memberitahukan titik-titik rawan kesalahan yang banyak dilakukan mahasiswa, 2) dalam ujian tertutup, untuk mengurangi kesalahan penulisan rumus-rumus maka rumus-rumus perlu dicantumkan.

 

Kata kunci: Kesalahan-kesalahan pemecahan masalah, equlibrium, break event point, program linier


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v6i2.5445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Herlina Herlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com