PERANAN KEMAMPUAN NUMERIK DAN VERBAL DALAM BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ari Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan numerik dan verbal secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika, mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa yang terdapat di SMAN 11 Depok. Pegujian hipotesis menggunakan anova dua jalur dan melihat seberapa besar regresi dan korelasinya. Hasil dari penelitianini adalah terdapat pengaruh antara kemampuan numerik dan verbal secara bersama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika, terdapat pengaruh kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika, dan terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika.

 

Kata Kunci : Kemampuan numerik, verbal, berpikir kritis matematika


Full Text:

PDF

References


Astuti, dkk. (2013). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik. Jurnal Pendidik Dasar. 3(1). (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/524) di unduh 28 april 2016.

Irawan, Ari. (2014). Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritik matematika. Jurnal Formatif, 4(1): 46-55

__________.(2015). Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritik matematika. Jurnal Formatif, 4 (1): 46-55.

Japa. (2014). Pengaruh pembelajaran kuantum berorientasi pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika terhadap penalaran mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20 (1): 9-16.

Kumara, Amitya. (2001). Dampak kemampuan verbal terhadap rkspresi tulis. Jurnal Psikologi, (1) : 35-40

Leonard, (2013). Kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar matematika. Mimbar. Pendidikan, I (2): 61–71.

Parwati. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi open-ended problem solving. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18 (1): 65-70

Rosida, Halima dkk. (2002). Hubungan Antara Kemampuan Awal dan Kemampuan Numerik Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Journal Of Technology Of Education 13(2):12-15. (http://portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=107483). Diunduh 16/04/2015

Saregar, Antomi dkk. 2013. Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Verbal Siswa. (http://portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=157585). Diunduh 16/04/2015

Simbolon, Naeklan. (2014). Pengaruh pendekatan pembelajaran dan kemampuan verbal terhadap kemampuan berbicara bahasa inggris siswa sma negeri 14 dan 21 medan. Cakrawala Pendidikan, XXXIII (2) : 225-235

Sunilawati, dkk. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik siswa kelas iv sd. Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (1). (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/513) di unduh 28 april 2016.

Syahbana, Ali. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. EDUMATICA (Journal Pendidikan Matematika), 2 (1) : 45-57




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v6i2.5443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ari Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com