PROSES BERPIKIR PROBABILISTIK MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BIOLOGI JPMIPA FKIP UAD PADA POKOK BAHASAN TEORI PROBABILITAS
Abstract
Â
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase pada empat level proses berpikir probabilistic mahasiswa pendidikan biologi Universitas Ahmad Dahlan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan biologi kelas C Universitas Ahmad Dahlan, sedangkan instrument pada penelitian ini adalah peneliti sendiri, soal tes, pedoman pelevelan berpikir probabilistic, pedoman wawancara. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa level proses berpikir mahasiswa pendidikan biologi untuk materi pada sub pokok bahasan :  (a) ruang sampel, untuk level-1 : 18,18%, level- 2: 18,18%, level -3 : 40,91%, dan level-4 : 22,73%; (b) kejadian dan probabilitasnya, untuk level-1: 13,64%, level-2 : 27,27%, level-3 : 27,27%, dan level-4 : 31,82%; (c) Variabel random dan probabilitasnya, untuk level-1: 13,64%, level-2: 36,36%, level-3: 9,1%, dan level-4 : 40,91%.
Â
Kata kunci : proses berpikir, berfikir probabilitas, level.
Â
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v6i1.4757
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Abdul Taram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.