E-MODUL SISTEM PERSAMAAN LINIER SEBAGAI BAHAN AJAR MEMAHAMI MATERI ALJABAR MATRIKS
Abstract
Kemajuan teknologi dan informasi mempengaruhi ranah pendidikan yang berakibat mengubah sumber belajar dari tradisional yang diakses secara offline menjadi online. Salah satu perubahan yang terjadi adalah modul yang berupa cetak, saat ini marak modul yang bersifat elektronik. Inti dari pembelajaran aljabar matriks adalah operasi baris elementer, Eliminasi gaussjordan, dan solusi sistem persamaan linier. Materi-materi tersebut digunkaan sebagai prasyarat dasar untuk aljabar linier dan pemrograman linier, sehingga mahasiswa diharapkan memahami materi tersebut. Modul yang bersifat elektronik atau e-modul yang dikembangkan menggunakan flipbook kvisoft yang dapat disisipi dengan video, gambar dan audio yang memungkinkan mahasiswa belajar diluar kelas. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah ADDIE (analysis, Desain, Developm Implementation, Evaluation). Haisl dari penelitian ini adalah dikembangkannya e-modul matriks dengan kriteria layak yaitu 76,25% dari ahli media dan 78,57% dari ahli materi. Sednagkan untuk respon mahasiswa diperoleh kriteria praktis pada kelas kecil dengan prosentase sebesar 65,20% dan kelas besar sebesar 77,03%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D., Parasdila, H., Irdianti, I., Susbiyanto, S., ... & Ikhlas, M. (2019). E-Module based problem solving in basic physics practicum for science process skills. International Journal of Online and Biomedical engineering, 15(15), 4-17
Divayana, D. G. H., Santiyadnya, N., Ratnaya, I. G., Sudirtha, I. G., & Darmayasa, I. P. (2019). Digital book for assessment and evaluation courses based on Kvisoft-kelase asynchronous pattern. Telkomnika, 17(1), 328-336
Fahmi, S., Priwantoro, S. W., Cahdriyana, R. A., Hendroanto, A., Rohmah, S. N., & Nisa, L. C. (2019, March). Interactive Learning Media Using Kvisoft Flipbook Maker for Mathematics Learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1188, No. 1, p. 012075). IOP Publishing.
Ganefri, H. H., Kusumaningrum, I., & Mardin, A.(2017a). Needs Analysis of Entrepreneurship Pedagogy of Technology and Vocational Education with Production Base Learning Approach in Higher Education. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 7(5), 1701-1707.
Gunawan, Dedi. (2010). Modul pembelajaran Interaktif eleketronik dasar Untuk Program Keahlian Teknik Audio vIdeo SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Menggunakan Macromedia Falsh 8. Jurnal Komuniti. Vol 2. 2010
Pribadi, B. A. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat, 35.
Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Astuti, D. (2019, January). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Dipadukan Dengan Geogebra Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Mata Kuliah Program Linier. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 6).
Rafianti, I. (2017, May). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Matriks Kelas XI SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).
Rochmad, R. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.
Setiani, A., Kartiwi, A. P., & Wulandari, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Berupa Modul Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Supremum Journal Of Education Mathematics, 2(1), 26-31.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptiany, E. N., Asari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri untuk membantu siswa SMA kelas X dalam memahami materi peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1938-1942.
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v11i2.22681
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Soffi Widyanesti Priwantoro, Rima Aksen Cahdriyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.