MODEL PEMBELAJARAN PACE DAN SELF EFFICACY: DAMPAK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Dewi Khusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak model pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE) dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan angket Self Efficacy. Teknik analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji Anova Dua Jalan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat dampak model pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Tidak terdapat dampak Self Efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE) dan Self Efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Keywords


Model pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE); Kemampuan Pemecahan masalah Matematis; Self-Efficacy

Full Text:

PDF

References


Agustiana, E., Putra, F. G., & Study, L. (2018). Dampak Auditory, Intellectually, Repetition ( AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 1(1), 1-6.

Akbar, P., Handayani, D., & Mirza, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas 12 Pada Materi Dimensi Tiga Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Jurnal Cendekia: Jurnal Guruan Matematika, 4(2), 900-913.

Amalia, P. R., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2020). Problem-Solving Skill Based on Learning Independence Through Assistance in Independent Learning with Entrepreneurial-nuanced

Modules. Unnes Journal of Mathematics Education Research,

(1), 102-108.

Assaibin, M., & Husain, R. (2020). Dan Komunikasi Matematis Melalui Model Pace (Project Activity Cooperative Exercise) Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Polewali. Genta Mulia, XI(2), 56-69.

Casella, G., & Berger, R. L. (2002). Statistical Inference (2 ed.). Duxbury.

Dwiyani, S., Syaiful, S., & Haryanto, H. (2021). Dampak Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Guruan Matematika, 5(2), 1675-1686.

Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 881-886.

Haniyyah, L., Iskandar, K., & Rafianti, I. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal of Maldives, 4(1), 97-110.

Hasanah, S., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2019). Penerapan Problem Solving Berbantuan Lead Aq Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan. Ejournal Raden Intanac.Id, 2(1), 144.

Haswati, D., Aini, R. N., Selpiyani, S., & Permadi, U. N. (2019).

Dampak Model Pembelajaran PACE terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 101-110.

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905-910.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6(2), 228-243.

Jaya, A. K., Putra, F. G., & Mujib, M. (2020). Dampak model pembelajaran superitem berbantuan scaffholding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Guruan Matematika, 6(1), 74-83.

Juariah, S., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2020). Implementasi Peer Led Guided Inquiry (Plgi) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. J-PiMat¯: Jurnal Guruan Matematika, 2(2), 196-202.

Maisyarah, M., & Afriyanti, D. (2021). Penerapan Model PACE Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian, Guruan dan Pengajaran, 2(1), 81-96.

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Guruan Matematika, 3(1), 178-186.

Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamtis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal

Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Guruan Matematika, 7(9), 181-190.

Ningrum, R. W., Mujib, & Putra, R. W. Y. (2020). Dampak Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Pemecahan Masalah Matematis. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 126-135.

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika. Journal On Teacher Education (JOTE), 1(2), 26-32.

Novitasari, L. L. A., & Masriyah. (2020). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa Smp Ditinjau Dari Kepribadian Myer Briggs Indicator (MBTI). MATHEdunesa, 9(3), 631-646.

Nurrindar, M., & Wahjudi, E. (2021). Dampak Self-efficacy Terhadap Keterlibatan Siswa Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Guruan Akuntansi (JPAK), 9(1), 140-148.

Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187-202.

Sari, R., Noor, N. A., & Permadi, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Model Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise. Prosiding Seminar Nasional Guruan STKIP Kusuma Negara II, 2, 227-233.

Solikah, S. M. A., Mustangin, & Fathani, A. H. (2019). Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pace Pada Materi Kubus Dan Balok Di SMPN 4 Kepanjen. JP3, 14(6), 1-7.

Tarumasely, Y. (2021). Dampak Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Guruan Edutama, 8(1), 71-80.

Tarumasely, Y. (2021). Dampak Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Guruan Edutama, 8(1), 71-80.

Warsiki, A., & Mardiana, T. (2019). Dampak Self-Concept Dan Self-Efficacy Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Jurusan Manajemen Berbasis Kkni. Buletin Ekonomi, 2(2), 245-256.

Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safii, A., Supriadi, N., Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The effect of SSCS learning model on reflective thinking skills and problem solving ability. European Journal of Educational Research, 9(2),743-752




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v11i2.22368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dewi Khusuma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com