MODEL PEMBELAJARAN PACE DAN SELF EFFICACY: DAMPAK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiana, E., Putra, F. G., & Study, L. (2018). Dampak Auditory, Intellectually, Repetition ( AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 1(1), 1-6.
Akbar, P., Handayani, D., & Mirza, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas 12 Pada Materi Dimensi Tiga Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Jurnal Cendekia: Jurnal Guruan Matematika, 4(2), 900-913.
Amalia, P. R., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2020). Problem-Solving Skill Based on Learning Independence Through Assistance in Independent Learning with Entrepreneurial-nuanced
Modules. Unnes Journal of Mathematics Education Research,
(1), 102-108.
Assaibin, M., & Husain, R. (2020). Dan Komunikasi Matematis Melalui Model Pace (Project Activity Cooperative Exercise) Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Polewali. Genta Mulia, XI(2), 56-69.
Casella, G., & Berger, R. L. (2002). Statistical Inference (2 ed.). Duxbury.
Dwiyani, S., Syaiful, S., & Haryanto, H. (2021). Dampak Model Pembelajaran PACE (Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Guruan Matematika, 5(2), 1675-1686.
Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 881-886.
Haniyyah, L., Iskandar, K., & Rafianti, I. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal of Maldives, 4(1), 97-110.
Hasanah, S., Supriadi, N., & Putra, R. W. Y. (2019). Penerapan Problem Solving Berbantuan Lead Aq Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan. Ejournal Raden Intanac.Id, 2(1), 144.
Haswati, D., Aini, R. N., Selpiyani, S., & Permadi, U. N. (2019).
Dampak Model Pembelajaran PACE terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 101-110.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905-910.
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen, 6(2), 228-243.
Jaya, A. K., Putra, F. G., & Mujib, M. (2020). Dampak model pembelajaran superitem berbantuan scaffholding terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Guruan Matematika, 6(1), 74-83.
Juariah, S., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2020). Implementasi Peer Led Guided Inquiry (Plgi) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. J-PiMat¯: Jurnal Guruan Matematika, 2(2), 196-202.
Maisyarah, M., & Afriyanti, D. (2021). Penerapan Model PACE Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian, Guruan dan Pengajaran, 2(1), 81-96.
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Guruan Matematika, 3(1), 178-186.
Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamtis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal
Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Guruan Matematika, 7(9), 181-190.
Ningrum, R. W., Mujib, & Putra, R. W. Y. (2020). Dampak Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Pemecahan Masalah Matematis. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 126-135.
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika. Journal On Teacher Education (JOTE), 1(2), 26-32.
Novitasari, L. L. A., & Masriyah. (2020). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa Smp Ditinjau Dari Kepribadian Myer Briggs Indicator (MBTI). MATHEdunesa, 9(3), 631-646.
Nurrindar, M., & Wahjudi, E. (2021). Dampak Self-efficacy Terhadap Keterlibatan Siswa Melalui Motivasi Belajar. Jurnal Guruan Akuntansi (JPAK), 9(1), 140-148.
Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187-202.
Sari, R., Noor, N. A., & Permadi, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Model Project, Activity, Cooperative Learning, Exercise. Prosiding Seminar Nasional Guruan STKIP Kusuma Negara II, 2, 227-233.
Solikah, S. M. A., Mustangin, & Fathani, A. H. (2019). Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Model Pace Pada Materi Kubus Dan Balok Di SMPN 4 Kepanjen. JP3, 14(6), 1-7.
Tarumasely, Y. (2021). Dampak Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Guruan Edutama, 8(1), 71-80.
Tarumasely, Y. (2021). Dampak Self Regulated Learning dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Guruan Edutama, 8(1), 71-80.
Warsiki, A., & Mardiana, T. (2019). Dampak Self-Concept Dan Self-Efficacy Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Jurusan Manajemen Berbasis Kkni. Buletin Ekonomi, 2(2), 245-256.
Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safii, A., Supriadi, N., Syazali, M., & Wekke, I. S. (2020). The effect of SSCS learning model on reflective thinking skills and problem solving ability. European Journal of Educational Research, 9(2),743-752
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v11i2.22368
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dewi Khusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.