PENGARUH MODEL GENERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI HABITS OF MIND SISWA SMA NEGERI DI KOTA TANGERANG

nana indi saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model generative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari habits of mind siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA pada kelas X semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain penelitian treatment by level 2×2 yang terdiri dari dua variabel: (1) pendekatan pembelajaran dengan taraf model generative learning dan model konvensional, (2) habits of mind dengan taraf tinggi dan rendah. Sampel sebanyak 96 siswa SMA. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh penerapan model generative learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, khususnya untuk siswa yang memiliki habits of mind tinggi, dan terdapat interaksi antara model dan habits of mind terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.


Keywords


kemampuan pemecahan masalah matematis, model generative learning, habits of mind

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v10i2.19807

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 nana indi saputri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com