PENGARUH MINAT BELAJAR DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Lisnasari Andi Mattoliang, Wanasari Wanasari, Fitriani Nur, Muhammad Rusydi Rasyid, Baharuddin Abbas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan self-regulated learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Makassar dengan jumlah 280 peserta didik, sedangkan sampelnya sebanyak 98 peserta didik yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner minat belajar, kuesioner self-regulated learning, dan dokumentasi hasil belajar matematika. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa minat belajar dan self-regulated learning secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Makassar

Keywords


Minat; Self Regulated Learning; Matematika

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. R. S. (2016). Pengaruh Math Phobia, Self Efficacy, Adversity Quotient dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. 3(2), 259-272.

Alkusaeri. (2013). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode STAD. Beta, 6(2), 108-124.

Azwar, S. (2004). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Dinsmore, D. L., Alexander, P. A., & Loughlin, S. M. (2008). Focusing the conceptual lens on metacognition, self-regulation, and self-regulated learning. Educational Psychology Review, 20(4), 391-409. https://doi.org/10.1007/s10648-008-9083-6

Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 145-155.

Latipah, E. (2015). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Strategi Self Regulated Learning Dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis, 37(1), 110-129. https://doi.org/10.22146/jpsi.7696

Liu, H. K. (2016). Correlation Research on the Application of E-Learning to Students Self -Regulated Learning Ability , Motivational Beliefs , and Academic Performance. 12(1), 1091-1100. https://doi.org/10.12973/eurasia.2016.1559a

Panadero, E. (2017). A Review of Self-Regulated Learning: Six Models and Four Directions for Research. Frontiers in Psychology, 8(APR), 1-28. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00422

Pangestu, A. D., Samparadja, H., & Tiya, K. (2015). Pengaruh Minat terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 17-26.

Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara Sikap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. Wahana Pendidikan Fisika (WaPFi), 1(1), 26-36. https://doi.org/10.17509/wapfi.v1i1.4891

Schraw, G., Kauffman, D. F., & Lehman, S. (2006). Self-Regulated Learning. Encyclopedia of Cognitive Science, March 2019.

https://doi.org/10.1002/0470018860.s00671

Silviani, T. R., Lusyana, E., & Hadi, A. R. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150-161.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8404

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35-43.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyana. (2015). Pengaruh Self-Regulated Learning, Self-Efficacy, dan Perhatian Orangtua terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. PSIKOPEDAGOGIA, 4(1), 63-72.

Sundayana, R., Belajar, K., & Masalah, P. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. 75-84.

Syah, M. (2010). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.

Vahlia, I., Rahmawati, Y., & Anjar, T. (2017). Efektivitas Pendekatan Saintifik berbasis Group Investigation dan Discovery Learning ditinjau dari Minat Belajar Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 128-135.

Yamada, M., Shimada, A., Okubo, F., Oi, M., Kojima, K., & Ogata, H. (2017). Learning Analytics of The Relationships among Self-Regulated Learning, Learning Behaviors, and Learning Performance. Research and Practice in Technology Enhanced Learning. https://doi.org/10.1186/s41039-017-0053-9




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v10i1.16606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lisnasari Andi Mattoliang, Wanasari Wanasari, Fitriani Nur, Muhammad Rusydi Rasyid, Baharuddin Abbas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com