MODEL SENTRALISASI DUAL CHANNEL SUPPLY CHAIN UNTUK SATU PEMANUFAKTUR DAN DUA PENGECER DENGAN KOMPETISI HARGA DISKON
Abstract
Perkembangan bisnis online yang pesat seperti di era sekarang ini membuka peluang yang sangat besar bagi pemanufaktur untuk menjual produk ke konsumen secara langsung dengan melalui media online. Biasanya pemanufaktur hanya menjual produk kepada pengecer, kemudian pengecer menjual kembali produk tersebut kepada konsumen dengan melalui media offline. Pada penelitian ini akan dikembangkan model sentralisasi dual channel supply chain dengan kompetisi harga diskon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengonstruksi dan menentukan fungsi keuntungan optimal dari satu pemanufaktur dan dua pengecer dengan kompetisi harga diskon. Model yang dikonstruksi merupakan fungsi keuntungan terhadap tiga variabel keputusan tanpa kendala dengan menggunakan sistem sentralisasi. Tiga variabel keputusan yang ditentukan yaitu harga jual media online, harga jual pengecer 1, dan harga jual pengecer 2. Setelah ditentukan penyelesaian optimalnya kemudian menganalisis efek dari kompetisi harga diskon yang diberikan. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa kompetisi harga diskon dapat meningkatkan keuntungan pada keseluruhan sistem sentralisasi.
Keywords
DCSC, harga diskon, offlline, online, sistem sentralisasi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v10i1.16534
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Diah Nur Hidayati, Ririn Setiyowati, Pangadi Pangadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com