PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS

Rostien Puput Anggoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD berbasis HOTS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, (2) membandingkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD berbasis HOTS terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest non-equivalent group design. Penelitian ini dilakukan di SMK Boedi Oetomo 3 Maos pada bulan April 2019 semester II pada tahun akademik 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Boedi Oetomo 3 Maos yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga dipilih dua kelas, kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis HOTS dan kelas XI TKR 2 sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis HOTS. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD berbasis HOTS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, (2) terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran kooperatif model tipe Jigsaw dan STAD berbasis HOTS terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, dan 3) model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis HOTS lebih berpengaruh daripada tipe STAD berbasis HOTS terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis.


Full Text:

PDF

References


Agung, J. 2018. Higher Order Thinking Skill Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar Grup. Surakarta: Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fathurrohman, M. 2016. Model- Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jailani & Retnawati, H. (2016). Keefektifan Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan HOTS dan Karakter Siswa.Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 23 No. 2 (Oktober 2016).

Juliana, M & Surya, E. (2017). An Analysis Of Jigsaw Cooperative Effectiveness To Improve The Selfconfidence And Learning Result Of Vocational High School Students. International Journal Of Advance Research And Innovative Ideas In Education (IJARIIE). Vol. 3, Issue 2.

Noma, L.D., Prayitno, B.A., & Suwarno. 2016. PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA. Solo: Bioedukasi Vol. 9 No. 2. (Agustus 2016).

Novianti, I. 2013. Experimentation Cooperative Learning Student Team Achievement Division (STAD) Type Viewed From Learning Motivation. Asian Journal of Education and e-Learning. Volume 01. Issue 05. pp. 272-276.

Prabowo, A & Sunaryo. 2015. Meningkatkan Partisipasi Aktif Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika I dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal Of Mathematics Education Alphamath. Vol 1, No.1, pp.1-11.

Prasetyo, H. & Suhendri, H. 2016. Pengaruh metode pembelajaran brain based learning (bbl) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Unindra, Jakarta: FTMIPA Unindra.

Sari, A. D. 2016. Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap kemampuan berpikiir kreatif matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, h. 91-99. Jakarta: Unindra Press.

Suherman, E, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA.

Suwarsi, Mukti, Z., & Prabowo, A. 2018. Meningkatkan Keterampilan HOTS Siswa Melalui Permainan Kartu Soal dalam Pembelajaran PBL. Semarang: Prisma. FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Tran, V.D & Lewis, R. 2012. The effects of Jigsaw learning on students’attitudes in a vietnamese higher education classroom. International Journal of Higher Education. Vol. 1, No. 2.

Uno, H. 2012. Belajar Dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Untari, E. (2013). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Jigsaw pada Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP di Kabupaten Magetan.Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi Vol. 11 No. 1.

Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif dan Induktif-Deduktif dalam Pembelajaran Matematika. 3(2): 97.

Zakaria, E, et al. (2013). Effect of cooperative learning on secondary school students’ mathematics achievement. Scientific Research. Vol. 4, No.2, pp. 98-100.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v9i2.15287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rostien Puput Anggoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com