ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Sumargiyani Sumargiyani, Indah Yusnia, Yumna Adibah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan mahasiswa dalam membentuk model matematika dan memecahkan masalah program linear dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan teori Newman.  Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dari 28 mahasiswa kelas A semester V Prodi Pendidikan Matematika UAD Tahun Akademik 2019/2020 diambil  6 orang sebagai subyek penelitian. Tempat penelitian di kampus 4 UAD dan waktu penelitian pada semester gasal TA 2019/2020. Instrumen penelitian tes. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian adalah: (1) 44,4% mahasiswa mengalami kesalahan membaca, karena kurang cermat dalam membaca (2) 44,4% mahasiswa salah memahami masalah, karena kurang memahami makna yang ada di dalam soal dan salah konsep  (3) 33,3% mahasiswa membuat kesalahan transformasi, karena berawal dari pemahaman konsep yang salah. (4) 33,3% mahasiswa salah keterampilan proses, dan (5) 38,9% mahasiswa tidak dapat membuat kesimpulan dari jawaban yang diperoleh.


Full Text:

PDF

References


Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linier”. Jurnal Edukasi 1(2):131-145.

Fatahillah, Arif. Yuli Fajar Wati N.T. Susanto. 2017. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan”. Jurnal Kadikma, 8(1) : 40-51.

Gunawan, I, 2015, “Metode Penelitian Kualitatif” tersedia di http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf , Diakses tanggal 29 November 2019.

Irawati, Sri, 2015, “Analisis Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Memecahkan Masalah Program Linier”, (http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/110/94), Diakses tanggal 29 November 2019

Oktaviana, Dwi. 2017. Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit Jurnal: edu sains vol 5(2).