ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI KELAS INKLUSI SMA NEGERI 10 KOTA TERNATE

Ariestha Widyastuty Bustan, Rauman Mahmud

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus yang melibatkan persiapan guru sebelum proses pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi selama proses pembelajaran matematika di kelas inklusif SMA Negeri 10 Kota Ternate. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru matematika di kelas inklusif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa hal adalah sebagai berikut: (1) Sebelum proses pembelajaran matematika berlangsung, subjek menyiapkan rencana pelajaran, silabus, media dan sumber belajar namun masih belum ada yang spesifik untuk siswa berkebutuhan khusus, (2) Subjek mempersiapkan siswa secara psikologis dan fisik, mengajukan pertanyaan pengantar dan mengulang konsep matematika dasar. Subjek membentuk kelompok yang menggabungkan siswa berkebutuhan khusus dan siswa normal dalam satu kelompok, (3) Subjek mengambil inisiatif untuk bertanya langsung kepada siswa berkebutuhan khusus bagian mana dari materi yang belum dipahami.


Keywords


ABK, pembelajaran matematika, Pendidikan inklusi, sekolah inklusi.

Full Text:

PDF

References


Budyartati, S, 2014, Problematika Pembelajaran di Sekolah Dasar Ed 1, Yogyakarta: Deep Publish.

Cahya, L, S, 2014, Adakah ABK di Kelasku, Bagaimana Guru Mengenali ABK di Sekolah, Yogyakarta: Dianda Kreatif.

Hadi, F, R, 2014, Analisis Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learners Di Kelas Inklusi (Penelitian Dilakukan di SD Al Firdaus Surakarta) Doctoral dissertation, UNS (eprints.uns.ac.id/21550/).

Hermanto, H, 2008, Kemampuan guru dalam melakukan identifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusi, Yogyakarta:Yogyakarta State University.

Irawan, A., Febriyanti, C. 2018, Pembelajaran Matematika pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi J. Medives J. Math. Educ. IKIP Veteran Semarang 2(1):99.

Rahmawati, F., Sujadi, I., Subanti, S, 2016, Analisis Proses Pembelajaran Matematika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita pada Materi Peluang di Kelas Inklusi SMA Al Firdaus Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Matematika-S.851502008-2016




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v9i2.15044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ariestha Widyastuty Bustan, Rauman Mahmud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com