MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 12 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan Pretest and Posttest Group. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dimana teknik analisis datanya menggunakan gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis uji N-Gain data tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) diperoleh indeks gain 0,62 yang interpretasinya sedang dengan nilai rata-rata Pretest yaitu 55,64 dan nilai rata-rata Posttest yaitu 83,32. Maka dapat disimpulkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 12 Palembang di katagorikan sedang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Lestari, Eka Karunia, dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara . 2015. Penelitian Pendidikan Matematika Jakarta : Refika Aditama.
Isrokatun, dan Rosmala 2018. Model-model pembelajaran matematika. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Trianto. 2011. Mendesain model pembelajaran inovatif Progresif. Jakarta : Kencana.
Ayu, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada siswa kelas VII SMPN 3 Rambah Samo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Matematika Vol. 2. No. 2.
Kesumawati, Elli, dan Muhammad S.K. 2015. Impelementasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Junal Pendidikan Matematika dalam: EDU-MAT, Vol.3(2),213-223
Nendri, 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di SMA Negeri 4 Palembang. Skripsi SI (belum diterbitkan). Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v10i1.14486
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 yuliani yuliani, destiniar destiniar, jayanti jayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.