PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND (MHM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Ratu Sarah Fauziah Iskandar, Duwi Hastuti, Siti Kurniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Mathematical Habits of Mind (MHM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tahap Polya adalah: (1) Mengetahui apa yang diketahui dan ditanyakan pada masalah (2) Menyederhanakan masalah, mampu membuat eksperimen dan simulasi, mampu mencari subtuju, dan mengurutkan informasi. (3) Mengartikan masalah dalam bentuk kalimat matematika, dan melaksanakan strategi selama proses dan penghitungan berlangsung. (4) Mengecek semua informasi dan penghitungan yang terlibat, mempertimbangkan solusi yang diperoleh logis, melihat alternatif penyelesaian yang lain, membaca pertanyaan kembali, dan bertanya kepada diri sendiri bahwa pertanyaan sudah terjawab. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini responden dikelompokan menjadi dua, terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A dan VII B dengan masing-masing kelas 22 siswa. Kelompok pertama adalah kelompok eksperimen, yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran MHM berbasis kemampuan pemecahan masalah. Kelompok kedua adalah kelompok kontrol yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, hasil perhitungan diperoleh 16thitung">   16≥">   16ttabel">  yaitu 5,702 16≥">  2,447 untuk 16α">  = 0,05, maka H0 ditolak. Sehingga diperoleh bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran MHM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP.


Keywords


pendidikan matematika

Full Text:

PDF

References


Miliyawati, B. 2014. Urgensi Strategi Disposition Habits of Mind Matematis. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 3 (2), 174-188.

Mahmudi, A. 2011. Pengaruh Strategi MHM Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Persepsi Terhadap Kreativitas. Yogyakarta: Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Cahyani, H., Setyawati, W.S. 2016. Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X, 151-160.

Usdiyana, D. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Matematika Realistic. Jurnal Pengajaran MIPA, 1-14.

Khusnul Khotimah. Pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar di tinjjauh dari aktifitas belajar. Surakarta: Tiga Serangkai. 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v9i1.14385

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan

P-ISSN: 2088-687X / E-ISSN: 2656-7040

MATHEMATICS EDUCATION

FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION

AHMAD DAHLAN UNIVERSITY

 

Contact: 081328735393

 

View My Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.