ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Nuraini Nuraini, Yenita Roza

Abstract


Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terlihat dari hasil ujian nasional SMP tahun 2018 pada mata pelajaran matematika yaitu 50,52%. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori polya yang terdiri dari: (1) understanding, (2) planning, (3) solving, dan (4) checking. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data dengan metole tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan 2 soal yang merupakan masalah matematika yang terkait dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII sebanyak 23 orang. Hasil penelitian ini adalah  pada kelompok siswa tinggi, sedang dan rendah memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah berturut-turut pada tahap understanding yaitu 83%, 82% dan 75%, tahap planning 75 % , 08,5 % dan 58,5, tahap solving 67 % , 58,5 dan 41,5 % , tahap checking 50 %, 39 % dan 17 %. Pada siswa tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah sangat baik pada tahap understanding, planning dan solving, namun sebagian kecil siswa yang melakukan pada tahap pengecekan. Pada siswa sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah baik pada tahap understanding dan planning, namun kesulitan dalam tahap solving dan pengecekan. Pada siswa rendah mengalami kesulitan pada tahap perencanaan, penyelesaian dan pengecekan. Hal ini disebabkan oleh sebagian siswa belum memahami konsep bangun ruang sisi datar. Diharapkan kepada guru untuk menggunakan media dan memberikan penekanan pada pemahaman konsep bangun ruang sisi datar pada saat proses pembelajaran berlangsung dan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari

 



Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah; Bangun Ruang sisi datar; Teori Polya

Full Text:

PDF

References


Anikrohmah,dkk. (2017). Identfikasi Strategi Pemecahan Masalah Luas Permukaan Dan Volume Balok Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA.

Darma, Sujadi (2014). Srategi Heuiristik dengan Pendekatan Metakognitif dan Investigasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kreativitas siwa Madrasah. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol.15, No.2.

Emilia Silvi,dkk (2011). Strategi Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII Di SMP Kristen 2 Salatiga. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Imroatun, Siti. 2014. Straregi Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga ditinjau dari Langkah Polya. Salatiga: UKSW.

Kadir.2009. Evaluasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VIII SMP. Lampung, Universitas Lampung.

Kristina, Hudiono, dkk (2013). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan di SMP. Jurnal Mosharafa, vol. 2, no. 6, pp 86-104

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method "Second Edition). New Jersey: Princeton University Press.

Pratiwi, Sujadi, dkk. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika sesuai Gaya Kognitif pada Siswa Kelas IX SMPN Surakarta

Rofiqoh, Zem. (2015). Analisis Keinampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Sya'ban, dkk (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Mosharafa

Sugiyono. Dr. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA

Setiawan, (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarka Teori Polya Pada Materi Bangun Ruang Bagi Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 4 Boyolali. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Wahyudi dan Inawati Budiono (2018). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga

Wahyuningsih, S, (2015). Profil Berpikir Kreatif Guru Matematika SMP dalam Membuat Masalah Matematika Kontekstual Berdasarkan Kualifikasi Akademik. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya.

Yulinda, Irawati, dkk, (2016). Pengaruh Pendekatan Cotextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa Pada Materi Volume Kubus dan Balok. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v9i1.13977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nuraini Nuraini, Yenita Roza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com