DESAIN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN SPACE AND SHAPE UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

As Elly S, Elya Rosalina

Abstract


Peringkat PISA matematika Indonesia terus menurun. Peringkat terendah diperoleh Indonesia pada tahun 2012, yaitu peringkat 64 dari 65 negara yang berpartisipasi dalam PISA matematika. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam hal literasi matematika masih rendah, termasuk kemampuan penalaran matematis. Salah satu cara untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis adalah melalui soal-soal matematika model PISA. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan soal PISA konten space and shape yang valid untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 4 Lubuklinggau kelas IX yang berumur maksimal 15 tahun. Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap one-to-one. Dalam penelitian ini dihasilkan prototipe I soal PISA konten space and shape untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama.

 



Keywords


Soal PISA, Penalaran, space and shape

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v9i1.13953

Article Metrics

Abstract view : 477 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan

P-ISSN: 2088-687X / E-ISSN: 2656-7040

MATHEMATICS EDUCATION

FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION

AHMAD DAHLAN UNIVERSITY

 

Contact: 081328735393

 

View My Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.