DESAIN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN SPACE AND SHAPE UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

As Elly S, Elya Rosalina

Abstract


Peringkat PISA matematika Indonesia terus menurun. Peringkat terendah diperoleh Indonesia pada tahun 2012, yaitu peringkat 64 dari 65 negara yang berpartisipasi dalam PISA matematika. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam hal literasi matematika masih rendah, termasuk kemampuan penalaran matematis. Salah satu cara untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis adalah melalui soal-soal matematika model PISA. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan soal PISA konten space and shape yang valid untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 4 Lubuklinggau kelas IX yang berumur maksimal 15 tahun. Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap one-to-one. Dalam penelitian ini dihasilkan prototipe I soal PISA konten space and shape untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama.


Keywords


Soal PISA; Penalaran; space and shape

Full Text:

PDF

References


Annisah. 2011. Pengembangan Soalsoal Model PISA pada konten

Quantity untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di SMP Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika. PPs UNSRI dengan IndoMS. Volume 5 No. 1.

Ario, Marfi. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research.Vol. 5 No. 2.

Charmila, Ninik, dkk. 2016. Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol.20.No 2.

Fatmawati, Diyah dan Rooselyna Ekawati, Ph.D. 2016. Pengembangan Soal Matematika Pisa Like PadaKonten Change And Relationship Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Gustiningsi, Tria. 2015. Pengembangan Soal Matematika Model PISA Untuk Mengetahui Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa kelas VII. Jurnaal Pendidikan Matematika JPM. Vol. I, No.1

Jurnaidi & Zulkardi. 2013. Pengembangan Soal Model Pisa Pada Konten Change And Relationship Untuk Mengetahui Kemampuan

Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Putra, Yudi Yunika, dkk. 2016. Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Bilangan Untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif. Vol.2.No.1.

Sumartini, Tina Sri. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Jurnal Pendidikan Matematika Volume 5, Nomor 1.

Yenni, Ragil Setyo Aji. 2016. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads

Together. Jurnal prima, Vol.5, No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v9i1.13953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 As Elly S, Elya Rosalina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com