PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN POLA BILANGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN IKRAR BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Putu Evi Paramithasari Wardana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran IKRAR berorientasi pendidikan karakter serta mendeskripsikan kualitasnya dari segi validitas, kepraktisan dan efektifitasnya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan sikap kerja keras. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain dengan prosedur pengembangan oleh Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Denpasar tahun ajaran 2018/2019. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa buku siswa dan buku petunjuk guru. Buku siswa yang dimaksud adalah buku matematika yang membahas materi pola bilangan. Penyajian materi disesuaikan dengan langkah-langkah model pembelajaran IKRAR yaitu Inisiasi, Konstruksi-rekonstruksi, Aplikasi, dan Refleksi. Buku petunjuk guru mempunyai komponen-komponen berupa petunjuk penggunaan buku, persiapan mengajar, dan sajian bahan ajar. Data validitas perangkat didasarkan pada pendapat pakar menggunakan lembar validasi perangkat. Data kepraktisan perangkat didasarkan pada data keterlaksanaan perangkat pembelajaran, respon siswa, dan respon guru. Sedangkan data keefektifan perangkat pembelajaran dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang diharapkan. Hasil dari penelitian menggunakan perangkat pembelajaran tersebut menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pola bilangan. Karakteristik pada buku siswa antara lain: (1) pada setiap pokok bahasan mengedepankan adanya pembelajaran konstruktivis yang didasarkan atas langkah-langkah IKRAR yaitu inisiasi, konstruksi-rekontsruksi, aplikasi, dan refleksi, (2) pada buku siswa ini, memuat pertanyaan-pertanyaan efektif yang dapat membantu siswa dalam proses pemecahan masalah matematika, (3) pada setiap tahapan pembelajaran menekankan pada karakter kerja keras. Sedangkan buku petunjuk guru memiliki karakteristik: (1) pada setiap pokok bahasan memuat instruksi langkah-langkah pembelajaran yang dapat memudahkan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran, (2) pada buku ini, memuat alternatif-alternatif tindakan serta dilengkapi alternatif penyelesaian.

Keywords


pembelajaran IKRAR, pendidikan karakter, kemampuan pemecahan masalah.

Full Text:

PDF

References


Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah aliyah. Jakarta: Depdiknas

Marion, dkk. 2015. Desain Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan Model Jaring Labalaba di SMP. Jurnal Kependidikan. Volume 45, No 1, Mei 2015

Permendikbud No. 65 Tahun 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, (online), (https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud65-2013SI.pdf), diakses 5 Februari 2018

Plomp. 2013. Educational Design Research. Enschede, Netherland: National Institute for Curriculum Development.

Sudiarta, I Gusti Putu. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif, (online), (https://mafiadoc.com/makalah-model-pembelajaran-inovatif_5a0601e11723dda9e4259470.html), diakses 7 Oktober 2017

Sudiarta, I Gusti Putu. 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Ikrar (Inisiasi, Konstruksi-Rekonstruksi, Aplikasi, Refleksi) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, (online), (https://pdflegend.com/download/prosiding-senari2013-rev2_59f9a6eed64ab23ff0425551_pdf), diakses 8 Februari 2018

Undang-undang No 23 pasal 3. 2003. Sistem Pendidikan Nasional, (online). (http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttg sisdiknas.pdf), diakses 1 Juli 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v9i1.13763

Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan

P-ISSN: 2088-687X / E-ISSN: 2656-7040

MATHEMATICS EDUCATION

FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION

AHMAD DAHLAN UNIVERSITY

 

Contact: 081328735393

 

View My Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.