PROFIL HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA DALAM MENYELESAIAKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui Profil Higher Order Thinking Skill Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga siswa. Subjek ditentukan berdasarkan kemampuan matematika yang diperoleh melaluli nilai raport dan atas rekomendasi guru matematika. Kemampuan matematika ketiga subjek yang dipilih berbeda satu dengan yang lain yakni subjek berkemampuan matematika tinggi, subjek berkemampuan matematika sedang dan subjek berkemampuan matematika rendah. Data diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara semiterstruktur terhadap setiap subjek untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi mencapai HOTS pada tahap menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Sedangkan subjek berkemampuan matematika sedang dan rendah belum mampu mencapai HOTS baik pada tahap menganalisis, mengevaluasi dan mencipta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, dkk. (2018). Profil Higher Order Thiking Skill Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bagun Datar Segi Empat. Jurnal Maju, 5(2):52-63
Fatmawati, Herlinda, dkk. (2014). Analisis Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9): 899-910.
Gazali, Rahmita Yuliana. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3): 181-190.
Gunawan, Adi W. (2003). Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kusuma, Mochamad Hendri, dkk. (2018). Deskripsi Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Chage And Relationship. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). 155-168.
Meilando, Reksy, dkk. (2017). Profil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Siswa Kelas VIII SMP Labschool Untad Palu Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2): 215-229.
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Siswono, Tataq Yuli Eko. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press
Warisdiono, Eka, dkk. (2017). Modul Penyusunan Soal Higer Order Thinking Skill. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pedidikan dan Kebudayaan
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v10i2.13009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Metu Salak Oemolos
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.