PROFIL HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA DALAM MENYELESAIAKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL

Metu Salak Oemolos

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui Profil Higher Order Thinking Skill Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga siswa. Subjek ditentukan berdasarkan kemampuan matematika yang diperoleh melaluli nilai raport dan atas rekomendasi guru matematika. Kemampuan matematika ketiga subjek yang dipilih berbeda satu dengan yang lain yakni subjek berkemampuan matematika tinggi, subjek berkemampuan matematika sedang dan subjek berkemampuan matematika rendah. Data diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara semiterstruktur terhadap setiap subjek untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi mencapai HOTS pada tahap menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Sedangkan subjek berkemampuan matematika sedang dan rendah belum mampu mencapai HOTS baik pada tahap menganalisis, mengevaluasi dan mencipta.


Keywords


Higher Order Thinking Skill, Menyelesaikan Masalah, Aritmatika Sosial

Full Text:

PDF

References


Arifin, dkk. (2018). Profil Higher Order Thiking Skill Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bagun Datar Segi Empat. Jurnal Maju, 5(2):52-63

Fatmawati, Herlinda, dkk. (2014). Analisis Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9): 899-910.

Gazali, Rahmita Yuliana. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3): 181-190.

Gunawan, Adi W. (2003). Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kusuma, Mochamad Hendri, dkk. (2018). Deskripsi Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Chage And Relationship. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). 155-168.

Meilando, Reksy, dkk. (2017). Profil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Siswa Kelas VIII SMP Labschool Untad Palu Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2): 215-229.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siswono, Tataq Yuli Eko. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press

Warisdiono, Eka, dkk. (2017). Modul Penyusunan Soal Higer Order Thinking Skill. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pedidikan dan Kebudayaan




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v10i2.13009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Metu Salak Oemolos

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com