IMPLEMENTASI MODEL COOPERAT IF LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 2 BANTU

Widayati Widayati, Y. Rini Prastuti

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan Resiliensi Matematis dan Hasil Belajar menggunakan Model Cooperatif Learning siswa kelas XI SMA  Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Dikarenakan adanya beberapa siswa kurang antusias ketika pembelajaran matematika, kurangnya keyakinan akan kemampuan pemahaman materi. Adapun metode penelitian Penelitian ini menggunakan jenis metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dikenal dengan Classroom Action Research, dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Tahapan setiap siklus yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif partisipatif antara peneliti dengan guru Matematika Kelas XI MIPA 3 dan dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Bantul dengan jumlah siswa 29. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan teknik tes. Alat Pengumpul data menggunakan lembar observasi, angket dan tes formatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Pada siklus I rata-rata dari hasil observasi selama proses pembelajaran matematika menggunakan model Cooperatif Learning diperoleh  67,13 % kategori cukup sedangkan pada siklus II sebesar 73,2 % kategori baik. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami kenaikan yang lebih baik. Dari hasil Angket tentang Resiliensi pada siklus I dengan rata-rata 65,04 dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 70,11 dengan Baik. Siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran, banyak siswa berusaha untuk bisa menyelesaikan tugas. Hasil tes siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,73 dan nilai rata-rata siklus II adalah 76,67, mengalami kenaikan. Sebagian besar siswa mampu menyelesaikan soal, hanya beberapa siswa kurang lengkap dalam menjawabnya.

Keywords


Cooperatif Learning; Resiliensi; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Chouinard, R. & Roy, N. (2007). Relations among competence beliefs, utility value, achievement goals, and effort in mathematics. British Journal of Educational Psychology, 77, 501–517.

Depdikbud. 2014. Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Pasal 1 Ayat 2. Jakarta : Depdikbud.

Grotberg, E. (1995). A Guide to Promoting Resilience in Children: Strengthening The Human Spirit. Benard Van Leer Fondation.

Isjoni. (2009). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung : Alfabeta.

Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta

Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2010^a). Developing Mathematical Resilience. BERA Annual Conference 2010, University of Warwick, 1-4 September 2010.

Johnston-Wilder, S. & Lee, C. (2010^b). Mathematical resilience. Mathematics Teaching, 218, 38-41.

Putri Madinah, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Luas Daerah Segitiga Di Kelas VII Mts Negeri Palu Selatan, AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, Volum 03 Nomor 02, September 2014.

Slavin, Robert. 2015. Cooperative Leraning. Bandung : Nusa Indah.

Sukardjono. 2007. Hakikat dan Sejarah Matematika.Jakarta : Universitas Terbuka

Sumarmo, U. (2015). Resiliensi Matematik. [Online]. Tersedia: http://utarisumarmo. dosen.stkipsiliwangi.ac.id/m ateri/resiliansi-matematikmathematical- resilience/.

Yeager, D. & Dweck, C. (2012). Mindsets That Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist, 47, 302-314.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widayati Widayati, Y. Rini Prastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com