PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERBASIS BUDAYA UNTUK SISWA SMP

Zainnur Wijayanto

Abstract


Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis budaya untuk siswa SMP. Secara khusus bertujuan untuk menghasilkan media dan buku petunjuk penggunaan media matematika kontekstual berbasis karakter ke-Indonesiaan dan wawasan kebudayaan yang valid, praktis, dan efektif serta mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan modifikasi 4-D dari Thiagarajan, yang meliputi tiga tahap yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data untuk menilai kevalidan media dengan validasi isi dan konstruk yang dilakukan oleh 3 orang ahli. Kepraktisan media dinilai menggunakan angket respon siswa dan lembar pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran. Keefektifan pembelajaran dinilai dengan uji coba media pada kelas eksperimen dengan analisis pada hasil belajar menggunakan one sample t-test dan proporsi untuk uji ketuntasan hasil pembelajaran, serta independent t-test untuk membandingkan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil validasi pada media pembelajaran menyatakan bahwa media valid menurut ahli dengan rata-rata 4,62. Dari hasil ujicoba diperoleh (1) kepraktisan: dari hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran berkategori sangat baik, dengan rata-rata 4,28. Respon peserta didik > 75% memberi respon baik. (2) Keefektifan: dari analisis hasil uji coba, diperoleh ketercapaian ketuntasan kemampuan penyelesaian masalah secara klasikal dengan rataan nilai >75 melebihi 75%, serta hasil uji t menunjukkan rataan kemampuan di kelas eksperimen lebih besar dari rataan dikelas kontrol. Sehingga diperoleh media pembelajaran matematika kontekstual berbasis budaya yang valid, praktis dan efektif.

 


Keywords


Budaya; Kontekstual; Matematika; Media

Full Text:

PDF

References


D’Ambrosio, U. 2006. Preface. Prosiding, International Congress of Mathematics Education Copenhagen. Pisa: University of Pisa.

Edy, T. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Francois, K. 2012. Ethnomathematics in a European context: Towards an enrichedmeaning of ethnomathematics. Journal ofMathematics and Culture, 6 (1), pp.191-208.

Haryoko, S. 2009. Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Nieveen. et al. 1999. Prototyping to reach Product Quality. In jan van den akker et al. Design approaches and tools in education and training (eds). : 125-135.

Pannen, Paulina. 2005. Pendidikan sebagai Sistem. Jakarta: Depdiknas.

Rusydi, I. 2016. Pendidikan Berbasis Budaya Cirebon. Intizar, 20(2), 327-348.

Saraiva, P. M., da Rosa, M. J. P., & d'Orey, J. L. (2001). An EFQM model self-assessment project covering 50 Portuguese schools. In Proceedings of the 6th World Congress for Total Quality Management (Vol. 1, pp. 164-71).

Suastra, I. W., Tika, K., & Kariasa, N. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. JPPP Lemlit, 5(3).

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka

Umar, S. 2017. Pengembangan Media Video untuk Perolehan Belajar Konsep Norma-norma Kehidupan pada Pelajaran Pedidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2).

Wijayanto, Z. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Keraton Yogyakarta. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1).

Zhang, W. & Zhang, Q. 2010. Ethnomathematics and its integration within the mathematicscurriculum. Journal of Mathematics Education. 3(1), pp. 151-157.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12350

Article Metrics

Abstract view : 6 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL ILMIAH ADMATHEDU

ISSN: 2088-687X

MATHEMATICS EDUCATION

FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION

AHMAD DAHLAN UNIVERSITY

 

Contact: 081328735393

 

View My Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.