PENGEMBANGAN BUKU AJAR STATISTIKA BERBASIS SPSS SEBAGAI SELF EDUCATION MAHASISWA

Dwi Putri Musdansi, Rabby Nazli

Abstract


Amanah UU RI nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi pasal 41 ayat 1 menyebutkan bahwa sumber belajar pada lingkungan pendidikan tinggi wajib disediakan, difasilitasi, atau dimiliki oleh Perguruan Tinggi sesuai dengan Program Studi yang dikembangkan. Oleh karenanya salah satu sumber ajar yang dapat dikembangkan adalah buku ajar. Salah satu buku ajar yang layak dikembangkan di Perguruan Tinggi adalah buku ajar Statistika. Sebab, Statistika merupakan salah satu komponen penting dalam riset. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar statistika berbasis SPSS agar Universitas memiliki buku ajar mandiri. Model yang digunakan adalah Research & Development yang mengadaptasi model pengembangan Dick & Carey (2009). Data ini dikumpulkan melalui validasi pakar/ahli materi dan media sebanyak 5 orang, serta disebarkan kepada mahasiswa sebanyak 15 orang dengan menggunakan instrumen “Skala Penilaian Kelayakan Buku†Analisa data pada penelitian pengembangan buku ajar dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif (Haryati, 2012). Dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan uji kelompok kecil diperoleh hasil dengan tingkat pencapaian 92,25% dengan kategori valid dan keputusan buku layak untuk digunakan.


Keywords


Pengembangan, Buku Ajar, SPSS

Full Text:

PDF

References


Arif Sholahuddin. 2011. Pengembangan buku ajar kimia kelas X berbasis reduksi didaktik: uji kelayakan di SMA Negeri kota Banjarmasin. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, vol 17. Nomor 2, maret

Ahmadi, I.K. & Amri, S. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka

Awaliyah T.2008. Pengaruh Desain Sampul Terhadap Keputusan Pembelian Buku di Toko Gramedia Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Yogyakarta:UIN Sunan Kalijaga

Borg W.R. & M.D. Gall. 1983. Educational Research An Introduction. New York: Pearson Education Company Suparman, A. 1993. Materi Pelatihan Applied Aproach untuk Dosen. Jakarta: PAU– PPAI-UT.

Chandra,S. 2016. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual Dengan Tema “Sehat Itu Pentingâ€. Jurnal Universitas Negeri Medan

Depdiknas.2003. Buku pedoman penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Ditjen Dikdasmen.

Hariani, S. 2009. Pengembangan Modul Perkecambahan Biji berbasis Kontekstual. Disertasi. Malang SPs UM

Haryati, S. 2012. Research And Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan.FKIP-UTM, 37 (1):11—26

Modul SPSS. Laboratorium komputer UMM

Muslich, M. 2010. Texbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Parmin. E.P. 2012. Pengembangan Modul Matakuliah Strategi Belajar Mengajar IPA berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,1(1):8-15

Peraturan menteri Nomor 11 tahun 2005 tentang Buku Teks pelajaran

Prof Furqon, Ph.D. 2011. Statistika Terapan untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung

Purwanto.2004. Prinsip-prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta:PT Remaja Rosda Karya

Rachmawati, D.A. 2015. Pengembangan Buku Panduan Memahami Teori Multiple Intelegences dan Implementasinya pada pembelajaran Biologi SMA pada Mata Kuliah




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Putri Musdansi, Rabby Nazli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com