PENINGKATKAN INTERAKSI BELAJAR SISWA SMA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER

Sumargiyani Sumargiyani, Sri Widayati

Abstract


Model pembelajaran yang diterapkan dalam kelas merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Kurangnya interaksi belajar siswa dimungkinkan dapat berpengaruh pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi belajar pada mata pelajaran matematika materi persamaan eksponen dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) Siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Bantul. Sedangkan objek penelitian adalah pembelajaran dengan model pembelajaran NHT  pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Bantul tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan  tes. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran NHT dapat meningkatan interaksi belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2018/2019 pada materi persamaan eksponen. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase interaksi belajar pada Siklus I sebesar  74,12% dengan kriteria (baik) meningkat pada Siklus II sebesar 79,72%  dengan kriteria (baik)


Keywords


persamaan eksponen, NHT, interaksi belajar

Full Text:

PDF

References


Alie, Nurhayati Husain, 2013. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X2 SMA Neg. 3 Gorontalo Pada Materi Jarak Pada Bangun Ruang”.Jurnal:Enthropi.Vol.08.No: 01. hal.583-592

Baskoro,Febri; Saputro, Sulistyo; Hastuti, Budi,2013.”Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Dengan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Dilengkapi LKS Pada Materi Termokimia Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 6 Surakarta”.Jurnal: Pendidikan Kimia Vol. 2, No. 2. hal. 85-91

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan, 2010.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Huda,Miftahul.2014.Penelitian Tindakan Kelas :Teori dan Praktik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Inah,Ety Nur, 2015. “Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa”.

Jurnal:Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember. hal: 150-167

Maisyarah.2015. “Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT”. Jurnal :Math Didactic. Vol. 1, No. 2, Mei -Agustus 2015. hal: 125-131.

Mulyasa,H.E. Alie, Nurhayati Husain, 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muttaqin,Arief.2016.”Interaksi Pengajaran Yang Edukatif”.

https://arifmuttaqinblog.wordpress.com/2016/04/11/interaksi-pengajaran-yang-edukatif/ diakses tanggal 20 Oktober 2018 pukul 06.08.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12333

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL ILMIAH ADMATHEDU

ISSN: 2088-687X

MATHEMATICS EDUCATION

FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION

AHMAD DAHLAN UNIVERSITY

 

Contact: 081328735393

 

View My Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.